ABSTRAK
Pendidikan pada dasarnya adalah upaya mewujudkan sebuah
masyarakat yang ditandai adanya keluhuran budi dalam individu, keadilan dalam
negara, dan sebuah kehidupan yang lebih bahagia dari setiap individunya. Untuk
mencapai itu semua, guru mempunyai peran yang sangat penting terhadap keberhasilan
anak didiknya. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru
matematika SMP Islam 02 Pujon, diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang
dilaksanakan di kelas VII A masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari
hasil ulangan siswa pada semester pertama yang rata-ratanya masih di bawah SKBM
(Standar Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah, yaitu 37,25. Keadaan ini
diperparah lagi dengan penggunaan metode konvensional yang digunakan oleh guru.
Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran dan bentuk penilaian yang
tepat, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran snowball
throwing dengan penilaian portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman
siswa. Karena pembelajaran ini kegiatannya banyak berpusat pada siswa, sehingga
menuntut siswa untuk aktif, mandiri, dan mampu memecahkan masalah yang
dihadapi.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran snowball throwing dengan
penilaian portofolio dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman materi segitiga
siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP
Islam 02 Pujon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah sebagai berikut; (1) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas guru
dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, (2) catatan lapangan,
digunakan untuk melengkapai data yang tidak tercantum dalam lembar observasi,
(3) wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam
tentang proses pembelajaran, (4) tes, digunakan untuk mengetahui pemahaman
siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan ketuntasan belajar, (5)
portofolio, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan
soal-soal matematika dan ketuntasan belajar, dan (6) dokumentasi, digunakan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Data dalam penelitian ini terbagi
menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif
dianalisis dengan mencari nilai rata-rata dan presentasenya. Sedangkan data
kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari
mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Agar hasil
penelitian dapat dipertanggungjawabkan, maka diperlukan suatu pengecekan
keabsahan data. Jenis pengecekan keabsahan data ada empat, yaitu; (1) derajat
kepercayaan, (2) keteralihan, (3)
kebergantungan, dan (4) kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio
dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon
tahun pelajaran 2007/2008, yaitu siswa dapat memahami materi yang diberikan
oleh guru, khususnya pada materi bangun datar segitiga. Hal ini dapat dilihat
dari hasil penggabungan portofolio siswa dengan nilai tes akhir siklus. Pada
siklus I diperoleh skor rata-rata siswa 59,41 dengan presentase 44,19%, sedangkan
pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,28 dengan presentase 86,05%.
Hasil analisis data pada siklus II ini sudah mencapai SKBM (Standar Ketuntasan
Belajar Minimum) yang ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil analisis data dari
kedua siklus tersebut, hasil tindakan pada siklus II mengalami peningkatan bila
dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode
pembelajaran snowball throwing dengan penilaian portofolio dapat
meningkatkan pemahaman materi bangun datar segitiga siswa kelas VII A SMP Islam
02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar