ABSTRAK
Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami
keterpurukan, diantaranya rendahnya pemahaman matematika siswa. Salah satu
penyebab rendahnya pemahaman matematika siswa adalah pelaksanaan pembelajaran
konvensional di sekolah. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya siswa yang
beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit
dan membosankan. Upaya pengembangan dan perbaikan metode pembelajaran dirasa
perlu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Kualitas dan keberhasilan
pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan
mengembangkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran matematika adalah
metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dalam metode ini siswa dilatih untuk
aktif dalam proses pembelajaran dalam bentuk diskusi pada kelompok asal dan
kelompok ahli.
Tujuan penelitian kepada siswa kelas VII-B
MTs Almaarif 01 dengan materi segiempat ini adalah untuk mengetahui peningkatkan pemahaman materi segiempat siswa kelas VII-B
MTs Almaarif 01 Singosari Malang tahun pelajaran 2007/2008 setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tahapan
siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan (Plan),
tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 Singosari Malang tahun pelajaran
2006/2007 yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,
dokumentasi, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan foto. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yakni teknik analisis data
kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data
kuantitatif menggunakan rumus nilai rata-rata. Sedangkan teknik analisis data
kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
peningkatan ketekunan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan menggunakan bahan
referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 59.80 dan persentase ketuntasan siswa 47.73%, Sehingga
pembelajaran pada siklus I tidak berhasil atau belum tuntas. Dari situ
diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum paham terhadap materi segiempat.
Sehingga diadakan tindakan siklus II. hasil dari tes akhir siklus II diperoleh
nilai rata-rata kelas adalah 70.36 dan persentase
ketuntasan siswa 75.00%, Sehingga pembelajaran pada siklus II dinyatakan
berhasil atau tuntas. Dari situ diketahui bahwa siswa sudah paham terhadap
materi segiempat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut terlihat peningkatan
pemahaman siswa terhadap materi segiempat, yakni dari 47.73% ketuntasan belajar pada siklus I meningkat
menjadi 75.00%. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 Singosari Malang
pada materi segiempat.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar