ABSTRAK
Di Indonesia pada
generasi sekarang terjadi Split personality, kondisi dimana tidak
terintegrasinya antara otak dan hati. Banyak hal lain yang terjadi diakibatkan
SDM yang rendah, yaitu asset-asset negara dijual ke pihak asing,
ekosistem dirusak oleh penduduk sendiri. Oleh karena itu, untuk menciptakan
generasi yang baik dibutuhkan IQ yang tinggi. Di samping itu EQ dibutuhkan juga
untuk mendidik siswa agar mampu berpikir kreatif, imajinatif dan mempunyai
emosi yang stabil. Selain IQ dan EQ ada faktor lain yang dibutuhkan seorang
siswa agar menjadi manusia seutuhnya, yaitu SQ. SQ adalah landasan yang
dibutuhkan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Jika kecerdasan
tersebut dapat berjalan seimbang, maka dapat menjadi tujuan pendidikan, yaitu
membentuk manusia yang menguasai IPTEK dengan didasari IMTAQ.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Intelektual
Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN
Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008, (2) mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008,
(3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun
pelajaran 2007/2008, (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Intelektual
Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ)
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten
Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Rancangan dalam penelitian ini
adalah ex post facto, karena variabel-variabel independennya sudah
terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel dependen dalam suatu
penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN
Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari empat
kelas, yaitu kelas XA, XB, XC, dan XD. Jumlah dari seluruh populasi adalah 160
siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random
sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel satu kelas, yaitu kelas
XB sebanyak 36 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan angket. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh
data tentang prestasi belajar dan Intelektual Quotient (IQ). Teknik
angket digunakan untuk memperoleh data tentang Emotional Quotient (EQ) dan
Spiritual Quotient (SQ).
Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda. Perhitungan tersebut dilakukan dengan bantuan program SPSS 12.0 for
windows. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier berganda
diperoleh persamaan regresi Y’ = -91.214 + 0.547 X1
+ 0.467 X2 + 0.760 X3. Persamaan tersebut memenuhi
uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi dan generalisasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui kombinasi Intelektual
Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)
berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 42,6%. Sedangkan analisis
signifikansi masing-masing dari ketiga variabel independen ini menunjukkan
bahwa Spiritual Quotient (SQ) lebih berpengaruh terhadap prestasi
belajar. Hal ini karena pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap
prestasi belajar diperoleh sebesar 15,2%, sedangkan pengaruh Intelektual
Quotient (IQ) sebesar 14,1% dan pengaruh Emotional Quotient (EQ) sebesar
11,8%.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar