ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan
sistem pendidikan di Indonesia seorang guru
dituntut mampu mengembangkan wawasan serta kreatif. Sebagai fasilitator guru harus
mampu berkreasi dalam menyampaikan materi
pelajaran. Guru harus jeli
terhadap kompetensi yang dimiliki anak didiknya, sehingga
tidak terjadi salah arah dalam mengembangkan potensi anak didiknya. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai
fasilitator tersebut guru memiliki berbagai strategi yang dapat digunakan dalam proses
pembelajaran di kelas, baik dilaksanakan
secara individu maupun
dilaksanakan secara kelompok. Strategi
mengajar
tersebut
merupakan suatu cara agar
siswa dapat menguasai materi
pelajaran secara
maksimal. Namun kenyataan
yang
terjadi di lapangan tidaklah semulus dengan apa yang telah direncanakan.
Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran, terutama mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional. Dengan standar kelulusan
4,26 kebanyakan siswa tidak lulus karena nilai
matematikanya kurang dari 4,26.
Dari kenyataan tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas yang
mengembangkan suatu
strategi mengajar dengan nama Latihan Mandiri.
Penelitian ini
bertujuan
untuk meningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok
bahasan Keliling Lingkaran.
Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi
action
research,
yaitu (1)
persiapan
tindakan, (2)
perencanaan, (3) implementasi
tindakan, (4) pengamatan
dan
evaluasi, (5) refleksi, yang dilaksanakan
dalam 2 siklus. Latihan mandiri merupakan
suatu latihan soal dengan cara siswa membuat soal beserta penyelesaiannya
setelah mendapat materi dari disertai dengan contoh dan cara menyelesaikannya.
Hasil latihan mandiri siklus 1 menunjukkan
bahwa ketrampilan siswa dalam membuat soal beserta penyelesaiannya
sebesar 84,62 %, dan hasil latihan pada siklus 2 ketrampilan siswa mencapai 92,86
%. Sedangkan
rata-rata hasil tes siklus 1 = 6,35 dan
rata-rata hasil tes siklus 2 = 7,60.Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa latihan mandiri dapat
meningkatkan
penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasan Keliling Lingkaran
bagi siswa kelas 2B SMP Islam Bawen Kabupaten Semarang. Saran dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut :
Perbanyak latihan agar siswa lebih mudah dalam menguasai materi, perhatikan intensitas latihan mandiri agar siswa tidak mengalami kejenuhan,
guru harus trampil dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar