ABSTRAK
Salah satu prinsip dalam
pembelajaran
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang biasa disebut dengan kurikulum tahun 2004 adalah berpusat
pada siswa sebagai pembangun pengetahuan, artinya pembelajaran saat ini berupaya untuk memandirikan
peserta didik untuk belajar, berkolaborasi, membantu teman,mengadakan pengamatan dan penilaian diri untuk suatu refleksi yang akan mendorong siswa membangun pengetahuan sendiri. Dalam
rangka peningkatan hasil belajar penerapan penilaian
portofolio merupakan alternatif baru untuk menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menuntut keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran.
Penilaian portofolio
yang didalamnya terdapat pengidentifikasian materi, pemilihan materi, pengumpulan informasi, pembuatan
portofolio, dan penyajiannya menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif. Prinsip-prinsip tersebut menerapkan bahwa keaktifan siswa baik
secara individu maupun kelompok
sebagai penentu keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itulah penerapan
penilaian portofolio akan memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada penilaian biasa.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan
hipotesis alternatifnya yakni ada
pengaruh penerapan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar
matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester I SMP Negeri 1
Bojong
Pekalongan tahun ajaran 2005 / 2006.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan lembar observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, sedangkan metode observasi
digunakan untuk memperoleh nilai siswa berdasarkan penilaian portofolio. Berdasarkan hasil
perhitungan, diperoleh persamaan estimator regresi yang berbentuk
Λ
Y = 22,97 + 0,59 X .Setelah diuji kelinierannya ternyata persamaan regresi di atas
linier, sehingga persamaan di atas berlaku. Setelah diuji keberartiannya, ternyata persamaan regresi di atas berarti. Persamaan tersebut mempunyai nilai awal 22,97. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya pengaruh penerapan penilaian portofolio
terhadap prestasi belajar
matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester I SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan tahun ajaran 2005/2006.
Besarnya pengaruh
antara penerapan penilaian portofolio terhadap
prestasi belajar matematika
pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester 1 SMP Negeri
1 Bojong Pekalongan tahun
ajaran 2005/2006 adalah
19,277 %.Dari
hasil
penelitian, ada pengaruh positif penerapan
penilaian
portofolio terhadap prestasi
belajar matematika, karena itu hendaklah para guru
senantiasa memperhatikan dan untuk selanjutnya meningkatkan penerapan penilaian portofolio agar lebih teratur,
berkesinambungan, terkontrol dan terevaluasi dalam mata pelajaran
matematika.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar