ABSTRAK
Metode pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan
tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran seharusnya
menggunakan metode yang dapat menciptakan suasana kondusif bagi belajar siswa.
Suasana yang demikian diharapkan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan
kemampuannya dalam berpikir kritis. Guru mempunyai tanggung jawab untuk mencari
metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Salah satu metode pembelajaran baru yang dapat diterapkan oleh guru dan dapat
menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika
adalah metode pembelajaran snowball
throwing. Snowball throwing
adalah metode pembelajaran dengan cara membentuk kelompok yang diwakili ketua
kelompok untuk mendapatkan tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat
soal (kertas pertanyaan) yang dibentuk seperti bola lalu dilempar ke siswa yang
lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan metode pembelajaran snowball throwing yang dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X A MAN
Malang 1 tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas partisipan. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas X A MAN Malang I tahun pelajaran 2007/2008, yang berjumlah 33 siswa
yang terdiri dari 12 siswa laki-laki serta 21 siswa perempuan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
Data kualitatif berupa hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, hasil
observasi aktivitas siswa, hasil observasi kemampuan berpikir kritis, hasil
wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif berupa hasil
tes akhir tindakan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Analisis data
dilakukan setiap kali pemberian tindakan berakhir. Data kualitatif yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi tiga
tahapan yaitu: (1) Data Reduction (reduksi
data), (2) Data Display (penyajian
data), (3) Conclusing Drawing /
Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Pada tahap reduksi data
dilakukan penyederhanaan dengan cara memilih data-data yang sesuai dengan
penelitian. Setelah data direduksi, langkah selanjutnya adalah penyajian dengan
menyusun data yang telah diperoleh dalam bentuk tabel, kemudian diuraikan
secara deskriptif dalam bentuk naratif. Langkah terakhir yaitu penarikan
kesimpulan yang berupa deskriptif dari hasil penafsiran dan evaluasi yang telah
diperoleh.
Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, secara khusus diperoleh temuan bahwa (1) pengelolaan
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada kelas X A MAN Malang 1 tahun pelajaran
2007/2008 dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II mengalami
peningkatan yaitu pada materi luas segitiga peningkatan yang terjadi sebesar
12,31%, yakni dari 72,06% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 84,37%
pada pelaksanaan siklus II dan materi identitas trigonometri terjadi peningkatan
sebesar 9,65%, yakni dari 79,41% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi
89,06% pada pelaksanaan siklus II; (2) indikator
berpikir kritis siswa dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II
mengalami peningkatan yaitu pada materi luas segitiga sebesar 15,69%, yakni
dari 70,66% pada siklus I meningkat menjadi 86,35% pada siklus II dan materi
identitas trigonometri sebesar 17,1%, yakni dari 70,34% pada siklus I meningkat
menjadi 87,44% pada siklus II. Komponen-komponen yang dinilai dari berpikir
kritis ini meliputi: pengamatan, diskusi, keterampilan bertanya, keterampilan
menjawab pertanyaan, keterampilan berpikir siswa, membuat kesimpulan, dan
menerapkan konsep.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran snowball throwing merupakan salah satu
bentuk inovasi dalam memperbaiki kualitas proses pembelajaran yang bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
matematika. Jadi dalam penelitian ini, penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X A MAN
Malang 1 tahun pelajaran 2007/2008.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar