ABSTRAK
Berawal dari prestasi,
aktivitas, dan minat belajar siswa yang
secara umum rendah terhadap pelajaran Matematika, yang disebabkan oleh beberapa
faktor diantaranya ialah : gaya mengajar guru yang kurang bervariatif, guru
lebih dominan dalam proses pembelajaran, kurangnya media pembelajaran, serta
lingkungan belajar yang kurang kondusip. Dituntut adanya upaya untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Melihat fenomena seperti ini maka dilakukan upaya
peningkatan prestasi, aktivitas, dan minat belajar siswa melalui penerapan
pembelajaran kontekstual, dengan menghubungkan materi pada kehidupan
sehari-hari dan lebih menekankan pada pemberdayaan siswa. Selain itu
pembelajaran kontekstual juga memungkinkan para siswa untuk memperkuat,
mengembangkan dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan mereka di
lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan prestasi, aktifitas dan minat belajar siswa kelas
X MA Miftahul Ishlah Tembelok pada pokok bahasan ruang dimensi tiga melalui
pendekatan kontekstual. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Miftahul
Ishlah Tembelok Tahun Pelajaran 2005/2006 dengan jumlah 22 orang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam III siklus.
Data prestasi
belajar siswa dikumpulkan dengan mengunakan tes, sedang data aktifitas siswa
dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan data mengenai minat siswa
diperoleh dari sebaran angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah
diberikan pemebelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual.
Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi, aktivitas dan minat
belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan ruang
dimensi tiga melalui pendekatan kontekstual. Pada siklus I diperoleh nilai rata
kelas 72,2 dengan ketuntasan belajar sebesar
81,82 %, serta aktivitas siswa sebesar 60,91 % dan tergolong cukup
aktif. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 76,9 dengan
ketuntasan belajar sebesar 90,91 %, serta aktivitas siswa sebesar 63,51% dan
dikategorikan aktif. Pada siklus III perolehan nilai rata-rata kelas sebesar
77,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%, serta aktivitas siswa sebesar
64,29% dan tergolong aktif, serta adanya peningkatan minat siswa terhadap
pelajaran Matematika. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami
peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan minimal
85 % dan minimal mendapatkan nilai 65. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi, aktivitas
dan minat belajar siswa terhadap bidang studi Matematika pada pokok bahasan
ruang dimensi tiga kelas X MA Miftahul Ishlah Tahun Pelajaran 2005/2006
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar