Keberhasilan siswa dalam belajarnya ditunjukkan oleh adanya
hasil atau prestasi belajar yang baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
hasil belajar siswa, diantaranya manajemen kelas yang digunakan guru. Manajemen
kelas yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah
manajemen kelas efektif dengan tiga pendekatan, yaitu behaviour-modification
approach, sosio-emotional climate approach, dan group-processess
approach. Ketiga pendekatan tersebut merupakan cara yang digunakan guru
untuk memaksimalkan proses pengajaran di dalam kelas agar lebih efektif dan
efisien.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh manajemen kelas efektif dalam
pengajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA
Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008. Adapun hipotesis dalam penelitian
ini adalah ada pengaruh manajemen kelas efektif dalam pengajaran matematika
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun
pelajaran 2007/2008.
Rancangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan true eksperimental.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium UM
tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 186 siswa, dibagi dalam 6 kelas,
yaitu kelas X1 sampai dengan X6. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X6 dan kelas X2 SMA
Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random
sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh kelas X6 dan kelas X2
yang sama-sama berjumlah 32 siswa, kemudian melalui undian secara acak
diperoleh kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2
sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik
dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa nilai ulangan harian
pokok bahasan pertidaksamaan dan trigonometri. Nilai ulangan harian pokok
bahasan pertidaksamaan digunakan untuk mengetahui homogenitas variansi dan
normalitas data, sedangkan nilai ulangan harian pokok bahasan trigonometri
digunakan mengetahui kemampuan awal siswa sebelum peneliti memberikan perlakuan
(eksperimen). Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
peneliti memberi perlakuan (eksperimen) pada kedua kelas yang dijadikan sampel
dalam penelitian ini sebagai hasil perlakuan.
Semua data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F. Nilai yang diperoleh untuk Ftabel
dengan db = 62 dan = 0,05 adalah 4,00.
Kriteria pengujian hipotesis adalah jika Fhitung < Ftabel
maka H0 diterima (atau H1 ditolak), sedangkan jika Fhitung
Ftabel maka
H0 ditolak (atau H1 diterima). Perhitungan analisis uji F
dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 12.0 for Windows.
Dari hasil
output Anova dapat diketahui Fhitung sebesar 40,551 dan Ftabel
= 4,00. Oleh karena Fhitung = 40,551 > Ftabel = 4,00,
maka H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini berarti bahwa
ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar
dengan manajemen kelas efektif dan siswa yang diajar dengan manajemen kelas
biasa. Adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh manajemen
kelas efektif dalam pengajaran matematika terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar