ABSTRAK
Sekolah sebagai salah satu lembaga
pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda berbakat harus dioptimalkan
sistem pembelajarannya karena sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang
dapat membantu siswa dalam belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
kegiatan proses sistem pembelajaran adalah guru, karena guru merupakan pemegang
kendali jalannya proses pembelajaran dalam kelas sehingga guru harus menguasai
strategi maupun metode pembelajaran dengan baik, khususnya pada mata pelajaran
matematika. Guru dan siswa diharapkan saling mempengaruhi secara positif, guru
menerapkan strategi maupun metode yang dapat merangsang keaktifan siswa
sedangkan siswa melaksanakan strategi maupun metode yang diberikan guru dengan
teratur dan sistematis. Misalnya pada SMPN 13 Malang, khususnya kelas VIII B,
pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, sedangkan siswa hanya
mampu mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru sehingga kelas menjadi
pasif. Dari hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan suatu strategi
pembelajaran yang menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang
kreatif sehingga siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, strategi ini
adalah strategi pembelajaran Missouri Mathematics
Project (MMP) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu review, pengembangan konsep,
kerja kooperatif, kerja mandiri, dan penugasan.
Adapun tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran Missouri Mathematics
Project (MMP) dalam meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga siswa kelas VIII
B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas model partisipan dengan subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 40 siswa.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data
kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil
catatan lapangan dengan analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (data reduction), (2)
penyajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan (conlusion
drawing/verification). Sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir
siklus dengan analisis data dari perolehan rata-rata kelas dan nilai persentase
jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu siswa yang mendapat nilai ³ 65. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah: 1) tes; 2) wawancara; 3) observasi; 4) catatan lapangan; dan 5)
dokumentasi.
Hasil analisis
menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MMP pada
materi lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran
2007/2008. Sebelum penelitian dilakukan, ketuntasan belajar siswa hanya
mencapai 40% siswa memperoleh nilai . Pada pelaksanaan siklus I, rata-rata siswa mencapai 71,97
dengan prosentase ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai adalah 67,57%, dari hasil ini dapat diketahui bahwa
masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah atau
penerapan sedangkan prosentase aktivitas belajar
siswa adalah 60%, hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam
penyelesaian tugas dan diskusi masih kurang, namun dari segi keaktifan
mendengar dan mencatat bisa dikatakan baik. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terlihat bahwa rata-rata kelas
mencapai 80,41 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai
meningkat 21,62%
menjadi 89,19%. Peningkatan 21,62% ini adalah peningkatan yang diperoleh
oleh seluruh kelas VIII B dalam menyelesaikan tes siklus akhir II. Dari hasil
ini dapat diketahui bahwa sudah banyak siswa yang mampu menyelesaikan soal-soal
pemecahan masalah atau penerapan. Sedangkan
prosentase aktivitas belajar siswa adalah 83,34%, hal ini menunjukkan
bahwa keaktivan siswa baik dari aspek keaktifan mendengar dan mencatat,
penyelesaian tugas, dan diskusi telah mengalami peningkatan. Hasil wawancara
menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dan hasil catatan
lapangan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan
hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Adapun saran-saran dari peneliti yaitu: (1) bagi
sekolah, untuk memberikan sumbangan pikiran dalam memilih salah satu strategi
pembelajaran agar tercipta kegiatan proses belajar mengajar yang lebih aktif
pada sekolah tersebut; (2) bagi guru mata pelajaran, sebagai bahan pertimbangan
dalam memilih atau memadukan berbagai strategi pembelajaran di kelas; dan (3)
bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat mengembangkan penelitian penerapan strategi pembelajaran MMP misalnya dengan
memadukan dengan berbagai metode lain pada mata pelajaran yang lain pula.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar