ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbandingan hasil belajar pangkat rasional antara siswa yang mendapat peta
konsep dan metode umpan balik dengan siswa yang mendapat peta konsep tanpa
umpan balik.
Populasi yang diambil dalam Penelitian
ini adalah siswa kelas I MAN Godean, yang terdiri dari 6 kelas. Jumlah siswa
perkelas rata-rata 23 orang. Sampel yang diambil adalah 3 kelas, yaitu 1A dan
1B sebagai kelompok eksperimen, sedangkan 1C sebagai kelompok kontrol. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tehnik
pengumpulan data berupa tes hasil belajar pangkat rasional yang berbentuk soal
obyektif sebanyak 30 soal.
Dari penelitian diperoleh hasil
pengolahan data sebagai berikut. Data kelompok eksperimen dengan perlakuan peta
konsep dan umpan balik menunjukkan bahwa rerata hasil belajarnya diperoleh
sebesar 21,273 dengan simpangan baku
5,063. Data kelompok eksperimen dengan
perlakuan peta konsep tanpa umpan balik menunjukkan bahwa rerata hasil
belajarnya diperoleh sebesar 12, 870 dengan simpangan baku 3,935. Sedangkan data kelompok kontrol
dengan pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa rerata hasil belajarnya
diperoleh sebesar 13,150 dengan simpangan baku
5,143.
Harga hitung untuk variable
hasil belajar pangkat rasional adalah
sebesar 13,487. Apabila dikonsultasikan dengan tabel pada taraf
signifikansi 5% (derajat kebebasan = 9) sebesar 16,919. Ternyata hitung lebih kecil
dari tabel sehingga dapat
disimpulkan bahwa data hasil belajar pangkat rasional berdistribusi normal. Berdasarkan hasil
pengujian homogenitas varians, diperoleh F hitung variabel hasil belajar
pangkat rasional sebesar 1,708 dengan derajat kebebasan 2 lawan 62. Besarnya F
hitung ternyata lebih kecil jika dibandingkan
F tabel pada taraf signifikansi 5 % yakni sebesar 3,15. Hal ini
menunjukkan varians sample yang diamati adalah homogen.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis
dengan Anava 1 Jalur, diperoleh F hitung variabel hasil belajar pangkat
rasional sebesar 22,369 dengan derajat kebebasan 2 lawan 62. Besarnya F hitung
ternyata lebih besar jika dibandingkan F
tabel pada taraf signifikansi 5 % yakni sebesar 3,15. Hal ini menunjukkan bahwa
Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan “Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar
siswa pada sistem pembelajaran antara metode peta konsep dan umpan balik dengan
metode peta konsep tanpa umpan balik maupun tanpa kedua-duanya“, diterima. Dan Hipotesis nihilnya (Ho)
yang menyatakan “Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada
sistem pembelajaran antara metode peta konsep dan umpan balik dengan metode
peta konsep tanpa umpan balik maupun tanpa kedua-duanya”, ditolak. Ini berarti bahwa hasil
belajar pangkat rasional siswa yang mendapat peta konsep dan umpan balik lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat peta konsep tanpa umpan
balik.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar