ABSTRAK
Selama ini guru hanya menggunakan model
pembelajaran konvensional, sehingga dalam proses pembelajaran siswa kurang
dilibatkan. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif STAD.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh manakah peningkatan hasil belajar dan sikap konstruktif siswa
terhadap pembelajaran waktu, jarak dan kecepatan.
Variabel yang diselidiki adalah hasil
belajar dan sikap konstruktif siswa terhadap pembelajaran waktu, jarak dan
kecepatan. Untuk mengukur keberhasilan hasil belajar digunakan lembar tes,
sedangkan untuk mengukur keberhasilan sikap konstruktif digunakan angket sikap
konstruktif siswa terhadap pelajaran matematika dan lembar komunikasi dan
kerjasama siswa.
Tolok ukur keberhasilan penelitian ini
dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar dan sikap konstruktif terhadap
pelajaran matematika.
Model pembelajaran STAD dilaksanakan
dengan tahapan: (1) guru menyampaikan apersepsi pembelajaran. (2) Guru menyampaikan materi. (3) Guru
mengorganisasikan siswa dalam kelompok. (4) guru membagikan lembar Diskusi
Siswa(LDS). (5) Siswa diberi kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompok. (6)
Guru membimbing secara proporsional kepada kelompok atau individu yang mengalami
kesulitan. (7) Salah satu siswa sebagai wakil kelompoknya maju untuk
mempresentasikan hasil kelompoknya. (8) Guru memandu jalannya diskusi. (9) Guru
memberi kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya dan memberi tanggapan atas
pertanyaan yang diajukan. (10) Siswa dengan bimbingan guru mengambil simpulan
materi . (11) Siswa diberi evaluasi individu.
Dari hasil penelitian diperoleh
informasi sebagai berikut. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah
60,9 (51,1 %) dengan nilai minimal 25 dan maksimal 100 dengan simpangan baku
sebesar 22,2. Pada siklus II adalah 70,3
(70,2 %) dengan nilai minimal 35 dan maksimal 100 dengan simpangan baku sebesar
18,5. Pada siklus III adalah 85,8 (87,2 %) dengan nilai minimal 48 dan maksimal
100 dengan simpangan baku sebesar 15,9. Skor angket sikap konstruktif pada siklus I adalah 55,2 dan siklus III
60,43 (skor 0 – 80).
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif STAD(Student Team Achievement Division) menjadikan hasil belajar dan
sikap konstruktif siswa terhadap pelajaran matematika meningkat.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar