ABSTRAK
Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam
proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan
peneliti dengan guru matematika MTs Almaarif 01 Singosari, diperoleh informasi
bahwa pelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Almaarif 01
Singosari tahun pelajaran 2007/2008 tergolong rendah, ini terlihat dari situasi
proses belajar mengajar yang masih tradisional yaitu berpusat pada guru. Peran guru yang terlalu dominan membuat
kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi pasif dan tidak bermakna. Hal
ini dapat dilihat dari jarangnya peserta didik mengajukan pertanyaan. Adanya
serangkaian permasalahan di atas menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar
tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni siswa memahami materi yang diajarkan
oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif
dan meningkatkan penguasaan materi adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Di
dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa ditempatkan dalam tim belajar.
Tiap anggota tim saling membantu untuk menguasai materi melalui diskusi dan
tanya jawab antar sesama anggota tim. Dalam menerapkan metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD ini, diperlukan suatu metode penilaian/asesmen yang dapat
mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses
pembelajaran. Asesmen autentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru
tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik
melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukkan
secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah
benar-benar dikuasai dan dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan asesmen autentik (authentic
assesment) dapat meningkatkan pemahaman bangun ruang siswa kelas VIII-C MTs
Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas
yang dirancang dalam suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, wawancara, dan
catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif terdiri dari mereduksi
data, menyajikan data, kesimpulan dan verifikasi. Data kuantitatif dianalisis
secara deskriptif yakni dicari nilai rata-rata dan persentasenya.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan asesmen
autentik dapat mengatasi masalah siswa kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari
tahun pelajaran 2007/2008, yaitu siswa bisa memahami materi yang diberikan
guru, khususnya pada materi balok dan prisma. Hal ini dapat dilihat dari hasil
penilaian/asesmen autentik pada siklus I mencapai rata-rata 67,13 % dan siswa
yang tuntas adalah 57,14 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai
73,23 dan siswa yang tuntas adalah 82,86 %. Berdasarkan hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe STAD menggunakan asesmen
autentik dapat meningkatkan pemahaman bangun ruang siswa kelas VIII C MTs Almaarif
01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar