ABSTRAK
Pemilihan metode pembelajaran
sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika MTs
Yaspuri Malang, diperoleh informasi bahwa pelajaran matematika yang
dilaksanakan di kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008
tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil ulangan siswa. Keadaan
ini diperparah lagi dengan penggunaan metode pembelajaran yang dipakai guru
pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Metode yang dipakai guru dalam
mengajar yakni metode pembelajaran dengan metode ceramah. Dengan didominasinya
pembelajaran menggunakan metode ceramah kegiatan belajar mengajar di dalam
kelas menjadi pasif. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya siswa mengajukan
pertanyaan. Adanya serangkaian permasalahan di atas menyebabkan proses kegiatan
belajar mengajar tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni siswa mampu memahami
materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas adalah dengan menerapkan metode mind
mapping dengan teknik portofolio
dalam pembelajaran. Penerapan metode mind mapping dengan teknik portofolio berlangsung secara menarik bagi siswa,
karena siswa diminta untuk membuat mind mapping dengan cara menentukan titik
sentral, membuat cabang-cabang, serta memberikan warna pada setiap cabang.
Sedangkan pada portofolio siswa diminta untuk mengumpulkan semua hasil
pekerjaannya kedalam satu map. Dengan diterapkan metode mind mapping dengan teknik
portofolio diharapkan bisa meningkatkan pemahaman bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping dengan teknik portofolio, dalam upaya untuk
meningkatkan pemahaman materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri
Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam suatu
siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang
tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut: (1) tes, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa; (2)
portofolio, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa; (3) observasi,
digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran
berlangsung; (4) wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih
mendalam dari data yang diperoleh. Adapun sumber datanya adalah hasil pekerjaan
siswa, dokumen portofolio, hasil observasi dan rekaman wawancara. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, rubrik penilaian portofolio,
pedoman wawancara, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data
kualitatif terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, kesimpulan dan
verifikasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif yakni dicari nilai
rata-rata dan persentasenya.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan metode mind mapping dengan teknik portofolio dalam pembelajaran dapat mengatasi
masalah siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008, yaitu
siswa bisa memahami materi yang diberikan guru, khususnya pada materi kubus dan
balok . Hal ini dapat dilihat dari hasil penggabungan portofolio siswa dengan
hasil tes akhir. Pada siklus I rata-rata skor siswa adalah 62,43 sedangkan
pada siklus II rata-rata skor siswa
adalah 74,31. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada
siklus I mencapai 95% sedangkan pada siklus II mencapai 100% dengan taraf
keberhasilan sangat baik. Hasil wawancara pada siklus I menunjukkan bahwa siswa
kurang senang dengan metode yang diterapkan, karena belum terbiasa dengan
metode tersebut, sedangkan pada siklus II siswa merasa senang dengan metode
yang diterapkan oleh peneliti karena sudah terbiasa dengan metode tersebut.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar