ABSTRAK
Pembelajaran matematika memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung
penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi
saat ini. Pembelajaran matematika diarahkan ke suatu tujuan agar siswa
dapat memfungsikan matematika sebagai cara komunikasi, cara pikir, dan alat
memecahkan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut, bukan hanya bahan materi
yang harus dikuasai oleh seorang guru akan tetapi juga keterampilan emosional
dan sosial dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran. Namun,
pembelajaran matematika di kelas masih banyak yang menggunakan pembelajaran
konvensional dimana pembelajaran ini lebih didominasi dengan metode ceramah.
Pembelajaran ini dilakukan hanya pada penjelasan materi
atau pemberian rumus, pemberian contoh soal, dan pemberian latihan soal yang
semua itu dilakukan oleh guru tanpa berusaha mengajak siswa untuk berpikir dan
terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini menyebabkan
tidak seimbangnya kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan penerapan
strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif siswa. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian
tindakan (action research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitan terdiri dari semua siswa kelas VIII C SMP
Islam 01 Batu Tahun Pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 41 siswa.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran problem based learning yang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII C SMP Islam Batu tahun pelajaran 2007/2008, khususnya pada
materi volume bangun ruang sisi lengkung meliputi lima tahapan antara
lain: (1) Orientasi siswa terhadap masalah. Pada tahap ini peneliti
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan masalah yang harus dipecahkan
oleh siswa. Peneliti memberikan masalah dalam bentuk alat peraga dan lembar
kerja siswa. (2) Mengorganisasi siswa untuk belajar. Peneliti mengorganisasi pembelajaran
dengan aktivitas kelompok belajar yang heterogen. Siswa dapat berdiskusi,
berpikir dan menyampaikan ide kreatif mereka secara terbuka. (3) Membimbing
penyelidikan individual dan kelompok. Masalah yang disajikan di awal
pembelajaran akan mendorong keterampilan berpikir siswa dalam melakukan
percobaan dan penyelidikan untuk mendapatkan pemahaman dan penyelesaian
masalahnya. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Pada tahap ini
peneliti memberikan pengembangan setelah siswa mendapatkan pemahaman dan
penyelesaian masalah yang diberikan. Dalam penelitian ini, pengembangan
dilakukan dengan memberikan alat peraga dan masalah baru yang harus
diselesaikan oleh siswa. Peneliti kemudian meminta siswa untuk menyajikan hasil
pemecahan masalah di depan kelas. (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah. Pada tahap akhir ini peneliti bersama siswa menganalisa dan
mengevaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
untuk mendapatkan kesimpulan.
Kemampuan berpikir kreatif
siswa mengalami peningkatan sebesar 7,5 % dari siklus I ke siklus II yakni dari
67,5 % pada siklus I menjadi 75 % pada siklus II. Keberhasilan strategi pembelajaran problem
based learning dengan tahapan-tahapan di atas dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa juga ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan
siswa sebesar 19 % dari siklus I ke siklus II yakni dari 67 % pada siklus I
menjadi 86 % pada siklus II.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar