ABSTRAK
Latar belakang dari penelitian ini
adalah ditemukan kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas III SD Negeri
Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang, nilai rata-rata siswa dalam
tiga tahun terakhir < 6,0 untuk pelajaran matematika khususnya pada pokok
bahasan pecahan. Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan
hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri
Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006.
Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan belajar
mengajar dengan menggunakan alat peraga kertas lipat. Hal ini dimaksudkan untuk
menarik perhatian siswa dalam mengikuti jalannya pelajaran dan untuk mengurangi
kesalah pahaman siswa terhadap materi pelajaran khususnya pada pokok bahasan
pecahan.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang yang berjumlah 38
siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian
ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu
kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi
hasil tes dan pengamatan. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa
secara individual mengerjakan soal tes mendapat nilai > 6,0.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan
bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 68,4 %. Nilai pada siklus I
ini belum memenuhi indikator yang diharapkan, oleh karena itu perlu diulang
pada siklus II. Hasil perolehan dari sikus II menunjukkan bahwa siswa yang
mendapat nilai > 6,0 sebanyak 86,8 %. Nilai pada siklus II ini juga belum
memenuhi indikator yang diharapkan sehingga perlu diulang lagi pada siklus III.
Adapun hasil perolehan siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai
> 6,0 sebanyak 100 %. Hasil ini sesuai dengan indikator yang diharapkan,
maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Simpulan peneliti bahwa mengajar dengan
menggunakan alat peraga kertas lipat pada pokok bahasan pecahan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02
Kecamatan Pedurungan Semarang.
Berdasarkan simpulan diatas disarankan bahwa bagi guru SD dalam
memberi pelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan hendaknya menggunakan
alat peraga kertas lipat karena dengan menggunakan alat peraga kertas lipat
penanaman konsep pecahan akan lebih mudah dipahami siswa.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar