ABSTRAK
Aktivitas belajar, keterampilan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati masih rendah.
Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan oleh rendahnya
hasil belajar siswa. Jika prinsip pemecahan masalah diterapkan dalam proses
belajar mengajar maka siswa dapat berlatih dan membiasakan diri berpikir secara
mandiri. Atas pertimbangan hal di atas
maka diambil judul skripsi “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil
Belajar Siswa SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati Melalui Pembelajaran Matematika
Berbasis Masalah”. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban atas
masalah tentang:
1.
Apakah melalui pembelajaran matematika berbasis masalah,
keterampilan berpikir kritis siswa kelas
II-C SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati dapat meningkat?
2.
Apakah melalui pembelajaran matematika berbasis masalah, hasil
belajar siswa kelas II-C SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati dapat meningkat?
Untuk membahas permasalahan di atas,
melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus,
masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan,implementasi,observasi dan
refleksi, diambil data hasil belajar dari hasil pretes dan postes dengan metode
tes untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dan data tentang
keterampilan berpikir kritis diambil dari hasil tes keterampilan berpikir
kritis dengan metode tes dengan penskoran. Subjek penelitian ini adalah guru
matematika dan siswa kelas II-C SMPN I Tambakromo Tahun Pelajaran 2004/2005
yang berjumlah 46 siswa, terdiri atas 22 siswa putri dan 24 siswa putra.
Indikator utama dalam penelitian ini adalah apabila siswa dapat mencapai
ketuntasan hasil belajar individu = 65% dengan ketuntasan klasikal = 85%, dan adanya
peningkatan skor keterampilan berpikir kritis siswa untuk setiap siklus.
Sedangkan indikator tambahannya adalah apabila diperoleh skor lembar observasi
aktivitas siswa terhadap pembelajaran =
16 dan skor kemampuan guru dalam pembelajaran
berbasis masalah = 27.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
evaluasi pada siklus I adalah pretest 53,51 dengan ketuntasan 28,89% dan
postest 71,78 dengan ketuntasan 60,86%, rata-rata tes keterampilan berpikir
kritis siswa 7,82 dari skor maksimal 30. Hasil pretes siklus II adalah 71,13
dengan ketuntasan 56,52% sedangkan hasil postest siklus II diperoleh nilai
rata-rata 80 dengan ketuntasan 89,13%. Berarti indikator kinerja pada siklus II
ini sudah tercapai. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa dalam siklus
II ini juga sudah meningkat
menjadi 17,87. Aktivitas siswa dalam
pembelajaran tergolong baik, skor rata-rata pada siklus I adalah 17 dan pada
siklus II adalah 20. Skor rata-rata kemampuan guru dalam pembelajaran berbasis
masalah untuk siklus I adalah 25,75, untuk siklus II adalah 29,25 yang
menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran berbasis masalah sudah
baik.
Dari hasil penelitian dapat diambil simpulan yaitu pembelajaran
matematika berbasis masalah yang telah dilaksanakan di kelas II-C SMPN I
Tambakromo Kabupaten Pati dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa. Dan melalui pembelajaran matematika berbasis masalah hasil belajar siswa
kelas II-C SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati dapat meningkat. Sehingga
disarankan pembelajaran matematika berbasis masalah perlu dilaksanakan oleh
guru. Dalam pembelajaran, guru perlu melibatkan peran serta siswa secara
langsung serta pembuatan hasil karya dan presentasi hasil karya sangat baik
diterapkan.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar