Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Malang, berdasarkan hasil
wawancara dengan guru matematika kelas VIII diperoleh informasi bahwa hasil
belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 tergolong
rendah jika dibandingkan dengan kelas yang lain. Berdasarkan observasi awal,
diketahui bahwa selama proses pembelajaran aktivitas siswa cenderung pasif dan
siswa ramai pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran
matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan
penyesuaian strategi pembelajaran, salah satunya adalah strategi pembelajaran
peningkatan kemampuan berpikir. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan
berpikir adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan
berpikir yang menyandarkan pada dua sisi, yaitu aktivitas siswa sebagai proses
berpikir dan hasil belajar yang diarahkan untuk penguasaan materi pelajaran
baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran
peningkatan kemampuan berpikir dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas partisipan. Ciri dari penelitian tindakan kelas adalah penelitian
yang dilakukan dalam siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran
2007/2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari: (1)
dokumentasi, (2) tes, (3) observasi, (4) wawancara, dan (5) catatan lapangan. Data
yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data kuantitatif dan
data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil tes akhir tindakan, sedangkan
data kualitatif berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan
lapangan. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu
dengan mencari persentase ketuntasan belajar siswa. Sedangkan data kualitatif
dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang
meliputi: (1) data reduction, yaitu menyederhanakan data dengan cara
memilih data yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan; (2) data display,
yaitu menyusun data yang telah diperoleh dalam bentuk tabel, kemudian
diuraikan secara deskriptif; (3) conclusion drawing, merupakan hasil
penafsiran dan evaluasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan 4
cara yaitu: (1) Uji Credibility, dimana dalam penelitian
ini menggunakan 3 cara yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan
pemeriksaan sejawat, (2) Uji Transferability, (3) Uji
Dependability, dan (4) Uji Confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan strategi
pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat meningkatkan aktivitas dan
hasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran
2007/2008, khususnya pada materi lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. Berdasarkan
hasil penelitian pula dapat diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran dengan
dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada kelas VIII C
SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 mengalami peningkatan sebesar
10,99% dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II, yakni dari 81,37%
pada pelaksanaan siklus I menjadi 92,36% pada pelaksanaan siklus II; (2)
aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15,83% dari pelaksanaan siklus I
ke pelaksanaan siklus II, yakni dari 70, 84% pada pelaksanaan siklus I dan
86,67% pada pelaksanan siklus II; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 36,12%, yakni 44,44% atau 16 siswa yang tuntas dalam belajar pada
pelaksanaan siklus I dan 80,56% atau sebanyak 29 siswa yang tuntas dalam
belajar pada pelaksanaan siklus II.
Anda
berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya
ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau
bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya
digunakan sebagai referensi saja.
0 komentar:
Posting Komentar