ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pelajaran matematika seorang
guru dituntut untuk mengembangkan kecakapan secara profesional dalam mengelola
kelas. Salah satu kecakapan profesional yang perlu dikembangkan adalah
kecakapan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif.
Tuntutan bagi guru dalam menggunakan alat peraga sangat diperlukan pada proses
belajar mengajar, khususnya pelajaran matematika. Penelitian ini mengupayakan
peningkatan kemampuan, keaktifan, ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal
aritmatika sosial dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan
menggunakan transaksi jual beli pada siswa kelas II SDN Sambiroto 04 Kecamatan
Tembalang Semarang. Untuk mencapai
tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan
menyajikan pokok bahasan uang melalui simulasi transaksi jual beli, memberikan
tes hasil belajar dan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru
dengan melibatkan observer yaitu teman sejawat. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati keaktifan siswa, ketrampilan
siswa dalam menghitung, hasil belajar siswa dan kinerja guru dalam kegiatan
belajar mengajar. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17
laki – laki dan 15 perempuan. Metode
pembelajaran simulasi transaksi jual beli merupakan salah satu metode
pembelajaran, dimana dalam metode ini siswa memeragakan sesuatu dalam bentuk
tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya.
Hasil penelitian ini dikatakan berhasil
apabila keaktifan siswa mencapai = 75% dalam menghitung 75%, nilai rata – rata
hasil belajar siswa = 7,0 dan hasil kinerja guru dalam kegiatan belajar
mengajar = 7,0. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pemanfaatan
simulasi jual beli mampu meningkatkan hasil belajar dalam menyelesaikan soal
aritmatika sosial, meningkatkan keaktifan,
ketrampilan siswa dalam menghitung dan kinerja guru dalam kegiatan
belajar mengajar. Hal tersebut diidentifikasikan dari pencapaian target yakni
keaktifan siswa 83,4%, ketrampilan dalam menghitung 73, 4% dan nilai rata -
rata hasil belajar aritmatika sosial 8,8 dan nilai rata – rata kinerja guru
dalam kegiatan belajar mengajar 7,75.
Persetujuan yang dapat diyakini sebagai saran : a.) Penggunaaan simulasi
transaksi jual beli dalam pembelajaran matematika perlu ditindak lanjuti
sebagai strategi pembelajaran alternatife bagi guru sekolah dasar, b.) Untuk
topik atau materi tertentu guru dapat menggunakan alat peraga dalam
pembelajaran metematika agar siswa lebih memahami materi pelajaran, c.) Guru
harus kreatif dalam pembuatan alat peraga yang akan disajikan, upayakan bahan
yang dipakai sederhana dan relatife murah harganya.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar