ABSTRAK
Sudah menjadi pendapat umum,
bahwa matematika kurang diminati oleh siswa diseluruh jenjang pendidikan.
Mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, membingungkan dan
sederet kata lainnya yang menunjukkan ekspresi rasa ketidaksenangan pada
pelajaran matematika. Kekurangan minat belajar siswa terhadap matematika
seperti inilah yang sekarang banyak terjadi di sekolah-sekolah baik negeri
maupun swasta di Indonesia.
Begitupun juga yang terjadi di MTs. (Madrasah Tsanawiyah) Al-Aziz yang berada
di kecamatan Dampit kabupaten Malang.
Data madrasah menunjukkan, pada tahun pelajaran 2006-2007 lebih dari 80% siswa
kelas VIII MTs Al-Aziz tidak berminat mengikuti palajaran matematika.
Bila saja pembelajaran matematika
dapat dibuat menjadi menarik dan menyenangkan, mungkin masalahnya akan lain.
Pemikiran seperti inilah yang mendasari peneliti untuk menerapkan CAL (Computer
Assisted Learning) berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika
dalam format CD Interaktif, agar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas
VIII MTs Al-Aziz untuk mempelajari matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh gambaran secara empiris mengenai (1) bentuk pembelajaran melalui penerapan CAL (Computer Assisted Learning)
berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan
minat belajar siswa kelas VIII MTs Al-Aziz terhadap matematika, (2)
respon siswa kelas VIII MTs Al-Aziz terhadap penerapan CAL (Computer Assisted Learning) berbasis Macromedia Flash 8 dalam
pembelajaran matematika. Sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan partisipan.
Sumber data penelitian ini adalah
kelas VIIIB yang dipilih dari dua kelas yang terdapat pada kelas
VIII di MTs Al-Aziz. Kelas ini dipilih karena lebih heterogen dari segi
kemampuan dan yang paling menunjukkan sikap ketidakminatan terhadap matematika.
Pemilihan ini berdasarkan musyawarah dengan guru matematika dan wali kelas.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui penerapan CAL (Computer
Assisted Learning) dalam pembelajaran matematika terbukti dapat meningkatkan
minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses
pembelajaran yang mencapai Prosentase skor (Pn) 95%. Hasil wawancara dan angket
juga menunjukkan respon yang sangat posistif dari siswa terhadap penerapan CAL tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan, dalam pembelajaran
matematika sebaiknya menggunakan metode yang menarik dan menyenangkan agar
dapat meningkatkan minat siswa untuk mempelajari matematika. Salah satunya
contohnya adalah dengan pengintegrasian komputer dalam pembelajaran melalui
bentuk CAL (Computer Assisted Learning), yang sangat relevan sebagai salah satu
inovasi pembelajaran berbasiskan ICT (Information and Comunication Technology)
yang berkembang pesat dewasa ini.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar