ABSTRAK
Matematika telah dipelajari oleh
siswa mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Walaupun demikian, dari
beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada
matematika rata-rata lebih tinggi dan lebih baik. Namun ada pula beberapa
penelitian yang menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan. Dari beberapa
pendapat dan fakta dilingkungan pendidikan juga menyatakan hal yang sama bahwa
siswa mengalami kesulitan.
Memasuki tahun 2003/2004 lembaga
pendidikan baik swasta maupun negeri mulai memberlakukan Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Kurikulum tersebut diharapkan dapat memberikan peningkatan mutu
pendidikan disekolah. Mengingat mutu pendidikan Indonesia rendah dalam
komparansi Internasional. Begitu juga dengan hasil prestasi terhadap matematika
yang berada pada peringkat 34 dari 38 peserta. Oleh karena itu, untuk mendukung
implementasi Kurikulum Berbasis kompetensi dikembangkanlah suatu metode
pembelajaran yaitu belajar tuntas (mastery learning). Belajar tuntas
diperuntukkan pada pembelajaran agar siswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan
mencapai ketuntasan dalam belajarnya. Hal ini disebabkan karena masalah
ketuntasan merupakan masalah yang penting sebab menyangkut masa depan siswa
lebih-lebih bagi mereka yang mengalami kesulitan.
Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh gambaran secara empiris mengenai (I) bentuk pembelajaran untuk
memahamkan konsep tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menerapkan
belajar tuntas. (II) hasil belajar siswa yang telah dicapai menentukan dapat
atau tidaknya siswa mencapai ketuntasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan partisipan.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan
memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna dilakukan dengan beberapa tahap
yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. tahap awal merupakan tahap untuk
menggali pengetahuan prasyarat, tahap inti adalah penyampaian materi
pembelajaran dalam bentuk Lembar Kerja Siswa dan menggunakan alat peraga serta
memberikan tes. Pada tahap akhir peneliti menyampaikan materi berikutnya kepada
siswa sehingga siswa dapat mempersiapkan diri.
Subjek pada penelitian ini
terdiri dari empat siswa yang mempunyai kemampuan yang heterogen yaitu satu
orang siswa berkemampuan tinggi, dua orang siswa berkemampuan sedang, dan satu
orang siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek ini, selain berdasarkan hasil
nilai tes awal, juga saran dari guru matematika yang mengetahui latar belakang
siswa yang bersangkutan.
Berdasarkan kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan dinyatakan bahwa siswa memperoleh pemahaman konsep tentang
menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan
kuadrat sempurna. Selanjutnya dari hasil tes pembelajaran menunjukkan seluruh
siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dengan demikian berdasarkan Standar Nilai Patokan
pada Matematika maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru
matematika untuk mengajarkan tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan dan melengkapakan kuadrat sempurna dengan menerapkan
belajar tuntas. Untuk dapat menerapkan belajar tuntas pada pembelajaran
selanjutnya, guru perlu memahamkan konsep terlebih dahulu kepada siswa. Hal ini
sesuai dengan prinsip pembelajaran tuntas bahwa ketuntasan tidak akan tercapai
apabila tidak ada usaha untuk memperbaiki pembelajaran
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar