ABSTRAK
Keberhasilan
siswa dalam belajarnya ditunjukkan oleh adanya atau prestasi belajar yang baik.
Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, diantaranya metode
mengajar yang digunakan guru dan sumber belajarnya. Salah satu metode mengajar
yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah metode rosource-based learning yaitu segalah
bentuk belajar yang langsung menghadap murid dengan suatu atau berbagai sumber
belajar yang berbasis buku, visual, dan pemanfaatan perpustakaan secara individual
atau kelompok serta dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu.
Tujuan dari penelitian ini, (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Resourc-based learning terhadap prestasi
belajar matematika siswa kelas VIII Mts.NU Gondanglegi Malang tahun pelajaran
2009/2010.
Bahan yang disampaikan pada penelitian ini adalah pokok bahasan Lingkaran.
Bahan pengajaran ini diajarkan pada dua kelompok sampel selama 12 jam
pelajaran. Setiap pertemuan dua jam pelajaran, jadi materi yang disampaikan
selama 6 x 2 jam pelajaran atau kurang lebih dua pekan.
Populasi diambil dari siswa-siswa di MTs.Nu Gondanglegi, khususnya kelas
VIII yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas
VIII A sebagai kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau cara pengundian.
Dari hasil penelitian sebelum eksperimen, data yang diuji homogenitas
sampel dengan menggunakan uji bartlett, diperoleh x2 hitung =4,37496
dan x2 tabel = 3,84. Uji normalitas kelas VIII A diperoleh x2
hitung = 164,01dan x2 tabel = 11,1 dan kelas VIII B diperoleh x2
hitung = 417,16 dan x2 tabel = 11,1. Karena syarat normalitas kedua
uji tersebut sama yaitu x2 hitung < x2 tabel, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua kelas ynag dijadikan sampel adalah homogen
dan berdistribusi normal. Jadi kedua sampel tersebut mempunyai kemampuan awal
yang seimbang.
Selanjutnya data yang diperoleh setelah eksperimen dianalisa dan diadakan
pengujian hipotesis dengan taraf signifikan a = 5%. Dari hasil analisa data dan
pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh, bahwa: (1) t hitung = 2,06 > t tabel = 2,00 . Ini berarti ada
pengaruh penerapan metode Resource-based
learning terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas VIII MTs.NU Gondanglegi Malang Tahun pelajaran 2009/2010. (2) Rata-rata
nilai siswa yang tidak diberikan perlakuan khusus adalah 61,0 dan siswa yang
diberikan perlakuan khusus dengan metode Resource-based
learning adalah 67,0. Ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa
yang diberi perlakuan khusus dengan memberikan pemahaman konsep lebih baik dari
pada siswa yang tidak diberikan perlakuan khusus.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar