ABSTRAK
Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang
mampu melahirkan generasi muda berbakat harus dioptimalkan sistem pembelajarannya
karena sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang dapat membantu siswa
dalam belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem
pembelajaran adalah guru, karena guru merupakan pemegang kendali jalannya
proses pembelajaran dalam kelas sehingga guru harus menguasai strategi maupun
metode pembelajaran dengan baik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Guru
dan siswa diharapkan saling mempengaruhi secara positif, guru menerapkan
strategi maupun metode yang dapat merangsang keaktifan siswa sedangkan siswa
melaksanakan strategi maupun metode yang diberikan guru dengan teratur dan
sistematis. Misalnya pada SMPN 13 Malang, khususnya kelas VIII B, pembelajaran
yang digunakan guru masih konvensional, sedangkan siswa hanya mampu mendengar
dan mencatat apa yang disampaikan guru sehingga kelas menjadi pasif. Dari hal
tersebut, peneliti mencoba menerapkan suatu strategi pembelajaran yang
menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang kreatif sehingga
siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, strategi ini adalah strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
yang terdiri dari 5 tahap, yaitu review, pengembangan konsep, kerja kooperatif,
kerja mandiri, dan penugasan.
Adapun tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan
strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar lingkaran dalam dan
lingkaran luar segitiga siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran
2007/2008.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas model partisipan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B tahun
pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 40 siswa. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif
berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan dengan
analisis data yang digunakan yaitu: (1)
reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan
(3) penarikan kesimpulan (conlusion drawing/verification). Sedangkan
data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus dengan analisis data dari
perolehan rata-rata kelas dan nilai persentase jumlah siswa yang tuntas dalam
pembelajaran yaitu siswa yang mendapat nilai ³
65. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes; 2) wawancara; 3)
observasi; 4) catatan lapangan; dan 5) dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MMP pada materi lingkaran dalam dan
lingkaran luar segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2007/2008. Sebelum penelitian
dilakukan, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40% siswa memperoleh nilai . Pada pelaksanaan siklus I, rata-rata siswa mencapai 71,97
dengan prosentase ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai adalah 67,57%, dari hasil ini dapat diketahui
bahwa masih banyak siswa yang
belum mampu menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah atau penerapan sedangkan prosentase aktivitas belajar siswa adalah 60%,
hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam penyelesaian tugas dan diskusi
masih kurang, namun dari segi keaktifan mendengar dan mencatat bisa dikatakan
baik. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terlihat
bahwa rata-rata kelas mencapai 80,41 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa
yang memperoleh nilai meningkat
21,62% menjadi 89,19%. Peningkatan 21,62% ini adalah peningkatan yang
diperoleh oleh seluruh kelas VIII B dalam menyelesaikan tes siklus akhir II.
Dari hasil ini dapat diketahui bahwa sudah banyak siswa yang mampu
menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah atau penerapan. Sedangkan prosentase aktivitas belajar siswa adalah 83,34%, hal
ini menunjukkan bahwa keaktivan siswa baik dari aspek keaktifan mendengar dan
mencatat, penyelesaian tugas, dan diskusi telah mengalami peningkatan. Hasil
wawancara menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dan hasil
catatan lapangan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini,
peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Adapun saran-saran dari peneliti yaitu: (1) bagi sekolah, untuk memberikan
sumbangan pikiran dalam memilih salah satu strategi pembelajaran agar tercipta
kegiatan proses belajar mengajar yang lebih aktif pada sekolah tersebut; (2)
bagi guru mata pelajaran, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih atau
memadukan berbagai strategi pembelajaran di kelas; dan (3) bagi peneliti
selanjutnya, disarankan agar dapat
mengembangkan penelitian penerapan strategi pembelajaran MMP misalnya dengan memadukan dengan berbagai metode
lain pada mata pelajaran yang lain pula.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar