Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan biologi 1 “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Metode Diskusi Syndicate Group Konsep Sistem Ekskresi Pada Manusia Pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP …… Tahun Ajaran 2007/2008”



RINGKASAN
Seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar harus memiliki strategi agar anak didik dapat nelajar secara efektif dan efisien dan mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau metode pembelajaran.dan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai metode pembelajaran adalah metode diskusi Syndicate group. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar biologi siswa kelas VIII E semaster 2 dengan metode diskusi Syndicate group konsep system ekskresi pada manusia.
            Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Rambipuji yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan  metode tes yang dilaksanakan setelah pelaksanaan tiap-tiap siklus (post t es) dalam bentuk tes formatif.
Proses belajar mengajar dengan metode diskusi Syindicate group cukup berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif maupun aspek afektif dan psikomotor. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, presentase ketuntasan untuk aspek kognitif sebesar 58,62 % dengan rata-rata nilai sebesar 65,93 untuk aspek afektif sebesar 89,66%  dengan rata-rata nilai sebesar 76.2 dan untuk aspek psikomotor sebesar 75,86 % dengan rata-rata nilai sebesar 75,84. Pada siklus II untuk aspek kognitif presentase ketuntasannya sebesar 86,21% dengan rata-rata nilai sebesar 78,72. Aspek afektif dengan ketuntasan sebesar 100% dengan rata-rata nilai sebesar 83,44 dan Aspek psikomotor dengan ketuntasan sebesar 96,55% dengan rata-rata nilai sebesar 77,01. Aspek kognitif mengalami peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 27,69% , aspek afektif sebesar 10,34 %, dan aspek psikomotor sebesar 20,69%.
Selama proses kegiatan belajar mengajar dengan metode diskusi Syndicate group ini berlangsung, terlihat terjadi peningkatan interaksi siswa dalam mengikutim pelajaran. Hal ini dibktikan dari hasil angket yang diberikan kepada siswa setelah pelaksanaan tindakan menunjukan  bahwa ang menyatakan senang dengan kegiatan diskusi sebanyak 100%, siswa yang lebih mudah belajar biologi sebanyak 86,2%, siswa yang lebih berminat belajar biologi sebanyak 93,1%, siswa yang lebih paham dengan meteri pelajaran sebanyak 100%, dan siswa yang lebih dapat meningkatkan pengetahuan belajarnya sebanyak 100%. Dari hasil di atas dapat diketahui bahwa dengan metose diskusi Syndicate Group siswa memperoleh satu cara untuk meningkatkan hasil belajarnya. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor psikologi siswa, dimana siswa lebih senang belajar biologi, lebih meningkatkan minat siswa, bakat motif, kematangan dan kesiapan siswa dalam mengikuti dan belajar biologi (Slameto 2003:54). Dan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa sebanyak 96,6%. Dari hasil angket dapat diketahui bahwa metode belajar yang cocok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini membukitkan bahwa hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh faktor eksternal siswa yaitu faktor sekolah dalam hal ni adalah metode yang digunakan guru dalam mngajar, relasi siswa dengan siswa, dan metode belajar siswa sehingga semangat belajar siswa meningkat.(Slameto 2003:54)
Dalam hal ini terjadi peningkatan hail belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi Syndicate group dapat meningkatkan hasil belajar dan ketauntasan belajar siswa.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar