Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 24 " Retnowati, Diah Eko. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Team Achievement Division) dengan Menggunakan Asesmen Autentik (Authentic Assesment) untuk Meningkatkan Pemahaman Bangun Ruang Siswa Kelas VIII .......... Tahun Pelajaran 2007/2008"

ABSTRAK



Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika MTs Almaarif 01 Singosari, diperoleh informasi bahwa pelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008 tergolong rendah, ini terlihat dari situasi proses belajar mengajar yang masih tradisional yaitu berpusat pada guru.  Peran guru yang terlalu dominan membuat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi pasif dan tidak bermakna. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya peserta didik mengajukan pertanyaan. Adanya serangkaian permasalahan di atas menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni siswa memahami materi yang diajarkan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan meningkatkan penguasaan materi adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Di dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa ditempatkan dalam tim belajar. Tiap anggota tim saling membantu untuk menguasai materi melalui diskusi dan tanya jawab antar sesama anggota tim. Dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini, diperlukan suatu metode penilaian/asesmen yang dapat mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Asesmen autentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan dicapai.    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan asesmen autentik (authentic assesment) dapat meningkatkan pemahaman bangun ruang siswa kelas VIII-C MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, kesimpulan dan verifikasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif yakni dicari nilai rata-rata dan persentasenya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan asesmen autentik dapat mengatasi masalah siswa kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008, yaitu siswa bisa memahami materi yang diberikan guru, khususnya pada materi balok dan prisma. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian/asesmen autentik pada siklus I mencapai rata-rata 67,13 % dan siswa yang tuntas adalah 57,14 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 73,23 dan siswa yang tuntas adalah 82,86 %. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe STAD menggunakan asesmen autentik dapat meningkatkan pemahaman bangun ruang siswa kelas VIII C MTs Almaarif 01 Singosari tahun pelajaran 2007/2008.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar