Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 6 "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM ............ PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG TAHUN PELAJARAN 2007/2008"



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar di sekolah sangat dianjurkan. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat atau media yang merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut dapat mengembangkan keterampilan memakai media pembelajaran yang akan digunakannya. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran.
Selain dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah, guru juga dituntut untuk dapat menerapkan metode-metode pembelajaran yang diharapkan dapat menciptkan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan.
Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum banyak memiliki kompetensi/keahlian dalam menggunakan media dan metode-metode  yang telah tersedia dalam proses pembelajaran. Sehingga cenderung media dan metode-metode pembelajaran yang telah tersedia hanya merupakan pelengkap dan bukan sebagai sumber belajar yang semestinya dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Yang berakibat pada terciptanya proses pembelajaran yang membosankan dan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
Khususnya di SMP Islam 02 Pujon Kelas VIII A, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matapelajaran matematika, metode pengajaran yang masih populer adalah metode konvensional, disana guru belum pernah menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT atau metode pembelajaran kooperatif yang lain.
Dewasa ini, pakar pendidikan telah memberikan solusi dalam proses pembelajaran dengan mengupayakan berbagai metode pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran yang diajarkan setiap guru, khususnya pelajaran matematika yang merupakan momok bagi seluruh siswa.
Salah satu metode yang disediakan pakar pendidikan tersebut yaitu metode kooperatif, yang dibagi lagi menjadi beberapa metode. Diantaranya adalah model TGT (Teams Games Tournaments) yang dapat mengaktifkan siswa.
Pembelajaran kooperatif model TGT adalah pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode diskusi kelompok yang ditambah dengan sebuah turnamen. Dengan model ini siswa diharapkan bisa dilatih untuk lebih aktif untuk menjawab soal dalam permainan secara mandiri.
Selain itu siswa juga perlu belajar berkomunikasi dengan orang lain untuk melatih kerjasama, karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan orang lain. Kerja sama antar siswa yang mempunyai kemampuan akademik tinggi maupun rendah, memungkan siswa untuk lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran. Dan juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, persaingan sehat dan keaktifan siswa.
Metode ini sangat cocok diberikan pada setiap akhir materi pokok apalagi pada waktu menjelang Ujian Semester, siswa tidak merasa dibebani oleh materi pelajaran matematika, karena pembelajarannya didesain dengan sebuah permainan dalam bentuk tournamen.
Agar proses tournamen lebih menarik, TGT (Teams Games Tournaments)  dapat dikombinasikan dengan menggunakan media komputer sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk membuat siswanya lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan media komputer ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami soal yang diberikan guru dalam tournamen, khususnya materi bangun ruang yang penyelesaiannya harus diaplikasikan dalam bentuk gambar.
Oleh karena itu, kita sebagai calon seorang guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang ada dan mempunyai kemampuan/keahlian  untuk mengunakan media-media pembelajaran yang kreatif, sehingga perkembangan dan tuntutan kemajuan pendidikan dapat kita atasi.
Berdasarkab uraian diatas maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “Penerepan Metode Pembelajaran Kooperetif Model TGT (Teams Games Tournaments) Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Islam 2 Pujon Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2007/2008



Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar