Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 7 "Pengaruh Manajemen Kelas Efektif dalam Pengajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Laboratorium ..... Tahun Pelajaran 2007/2008"



Keberhasilan siswa dalam belajarnya ditunjukkan oleh adanya hasil atau prestasi belajar yang baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya manajemen kelas yang digunakan guru. Manajemen kelas yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah manajemen kelas efektif dengan tiga pendekatan, yaitu behaviour-modification approach, sosio-emotional climate approach, dan group-processess approach. Ketiga pendekatan tersebut merupakan cara yang digunakan guru untuk memaksimalkan proses pengajaran di dalam kelas agar lebih efektif dan efisien.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh manajemen kelas efektif dalam pengajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh manajemen kelas efektif dalam pengajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008.
            Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 186 siswa, dibagi dalam 6 kelas, yaitu kelas X1 sampai dengan X6. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 dan kelas X2 SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh kelas X6 dan kelas X2 yang sama-sama berjumlah 32 siswa, kemudian melalui undian secara acak diperoleh kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol.
            Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa nilai ulangan harian pokok bahasan pertidaksamaan dan trigonometri. Nilai ulangan harian pokok bahasan pertidaksamaan digunakan untuk mengetahui homogenitas variansi dan normalitas data, sedangkan nilai ulangan harian pokok bahasan trigonometri digunakan mengetahui kemampuan awal siswa sebelum peneliti memberikan perlakuan (eksperimen). Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah peneliti memberi perlakuan (eksperimen) pada kedua kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebagai hasil perlakuan.
Semua data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F. Nilai yang diperoleh untuk Ftabel dengan db = 62 dan  = 0,05 adalah 4,00. Kriteria pengujian hipotesis adalah jika Fhitung < Ftabel maka H0 diterima (atau H1 ditolak), sedangkan jika Fhitung  Ftabel maka H0 ditolak (atau H1 diterima). Perhitungan analisis uji F dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 12.0 for Windows.
Dari hasil output Anova dapat diketahui Fhitung sebesar 40,551 dan Ftabel = 4,00. Oleh karena Fhitung = 40,551 > Ftabel = 4,00, maka H0 ditolak atau H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan manajemen kelas efektif dan siswa yang diajar dengan manajemen kelas biasa. Adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh manajemen kelas efektif dalam pengajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar