Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 2 'Penerapan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga Siswa Kelas VIII B SMPN ...... Tahun Pelajaran 2007/2008'



ABSTRAK
Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda berbakat harus dioptimalkan sistem pembelajarannya karena sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang dapat membantu siswa dalam belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem pembelajaran adalah guru, karena guru merupakan pemegang kendali jalannya proses pembelajaran dalam kelas sehingga guru harus menguasai strategi maupun metode pembelajaran dengan baik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Guru dan siswa diharapkan saling mempengaruhi secara positif, guru menerapkan strategi maupun metode yang dapat merangsang keaktifan siswa sedangkan siswa melaksanakan strategi maupun metode yang diberikan guru dengan teratur dan sistematis. Misalnya pada SMPN 13 Malang, khususnya kelas VIII B, pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, sedangkan siswa hanya mampu mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru sehingga kelas menjadi pasif. Dari hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan suatu strategi pembelajaran yang menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang kreatif sehingga siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, strategi ini adalah strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu review, pengembangan konsep, kerja kooperatif, kerja mandiri, dan penugasan.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas model partisipan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 40 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan dengan analisis data yang digunakan yaitu:  (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan (conlusion drawing/verification). Sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus dengan analisis data dari perolehan rata-rata kelas dan nilai persentase jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu siswa yang mendapat nilai ³ 65. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes; 2) wawancara; 3) observasi; 4) catatan lapangan; dan 5) dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MMP pada materi lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2007/2008. Sebelum penelitian dilakukan, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40% siswa memperoleh nilai . Pada pelaksanaan siklus I, rata-rata siswa mencapai 71,97 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai adalah 67,57%, dari hasil ini dapat diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah atau penerapan sedangkan prosentase aktivitas belajar siswa adalah 60%, hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam penyelesaian tugas dan diskusi masih kurang, namun dari segi keaktifan mendengar dan mencatat bisa dikatakan baik. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II terlihat bahwa rata-rata kelas mencapai 80,41 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa yang memperoleh nilai  meningkat 21,62% menjadi 89,19%. Peningkatan 21,62% ini adalah peningkatan yang diperoleh oleh seluruh kelas VIII B dalam menyelesaikan tes siklus akhir II. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa sudah banyak siswa yang mampu menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah atau penerapan. Sedangkan prosentase aktivitas belajar siswa adalah 83,34%, hal ini menunjukkan bahwa keaktivan siswa baik dari aspek keaktifan mendengar dan mencatat, penyelesaian tugas, dan diskusi telah mengalami peningkatan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dan hasil catatan lapangan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran-saran dari peneliti yaitu: (1) bagi sekolah, untuk memberikan sumbangan pikiran dalam memilih salah satu strategi pembelajaran agar tercipta kegiatan proses belajar mengajar yang lebih aktif pada sekolah tersebut; (2) bagi guru mata pelajaran, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih atau memadukan berbagai strategi pembelajaran di kelas; dan (3) bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat mengembangkan penelitian penerapan strategi pembelajaran MMP misalnya dengan memadukan dengan berbagai metode lain pada mata pelajaran yang lain pula.



Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.

0 komentar:

Posting Komentar