Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 46 “Pembelajaran Materi Lingkaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP …….. Semester 2 Tahun Ajaran 2009/2010”




ABSTRAK

Kemampuan matematika adalah kemampuan bagi kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu seyogyanya setiap manusia memiliki kemampuan matematika. Stigma bahwa matematika pelajaran yang sulit menyebabkan hasrat belajar rendah, akibatnya kemampuan matematika siswa tidak seperti yang diharapkan. Rendahnya hasrat belajar metematika menyebabkan siswa menghindar dari proses penyelesaian masalah matematika, akibatnya kemampuan menyelesaikan masalah matematika tidak terlatih dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan matematika perlu motivasi belajar yang kuat dan untuk memotivasi siswa perlu diterapkan pendekatan yang menimbulkan kesan bahwa matematika tidak sesulit yang diduga. Lingkungan keseharian adalah sumber belajar yang kaya dan murah. Menghadirkan matematika dalam format keseharian yang dekat dengan kehidupan siswa ternyata menyadarkan siswa bahwa matematika memang rumit, tetapi tetap dapat diselesaikan dengan baik.
            Pembelajaran kooperatif Investigasi Kelompok  merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil yaitu, siswa bekerja menggunakan inkuiri kooperatif. Langkah-langkah dalam pembelajaran Kooperatif Investigasi kelompok adalah sebagai berikut: pemilihan topik, perencanaan kooperatif, implementasi, analisis dan sintesis, presentase hasil final dan evaluasi.
            Tujuan dari penelitian ini adalah (I) mendeskripsikan pembelajaran materi lingkaran melalui pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (II) Mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap pembelajaran materi lingkaran melalui pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Subyek wawancara 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi,1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi lingkaran dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. tahap awal merupakan tahap untuk menggali pengetahuan prasyarat, tahap inti adalah pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran investigasi kelompok. Pada tahap akhir peneliti menyampaikan materi berikutnya kepada siswa sehingga siswa dapat mempersiapkan diri. Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dinyatakan bahwa siswa memperoleh pemahaman konsep tentang materi lingkaran. Selanjutnya dari hasil tes pembelajaran menunjukkan seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 60. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa sudah baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan tentang materi lingkaran dengan menerapkan belajar koopertif investigasi kelompok. Untuk dapat menerapkan belajar kooperatif investigasi kelompok pada pembelajaran selanjutnya, guru perlu memahamkan kepada siswa tentang sub topik materi yang akan dipelajari . Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran kooperatif invetsigasi kelompok bahwa tidak akan tercapai apabila tidak ada usaha dari diri siswa untuk memperbaiki hasil berlajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar