Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 27 "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray ( TSTS ) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIIA SMP ........."

ABSTRAK



Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan  menerapkan  model  pembelajaran  yang dapat menimbulkan  kesan bahwa matematika   itu   mudah   dan   menyenangkan.   Beberapa   model   pembelajaran kooperatif  dapat meningkatkan  keaktifan siswa, salah satunya adalah model  Two Stay Two Stray (TSTS).
Pembelajaran  kooperatif  model  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  merupakan model   pembelajaran   kooperatif   yang   melibatkan   kelompok-kelompok   kecil. Dengan membentuk sebuah kelompok, maka proses pembelajaran akan terasa lebih mudah  karena  semua  kesulitan  dapat  didiskusikan  dengan  teman  kelompoknya. Model  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  juga  memberi  kesempatan  kepada  semua kelompok untuk membagikan hasil kerja dan informasi kepada kelompok lain.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendiskripsikan  bagaimana  hasil belajar  matematika  siswa  menggunakan   model  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan  kelas.  Tindakan  dilaksanakan  pada  siswa  kelas  VIIA  SMP  Nasional Malang, yang terdiri dari 37 siswa.
Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua tindakan. Tindakan I, model Two Stay  Two  Stray  (TSTS)  dilaksanakan  secara  murni  sesuai  langkah-langkah  yang telah ditetapkan, sedangkan pada tindakan II, ada pengembangan pada bagian pembentukan  kelompok.  Prosedur  penjaringan  data  dilakukan  dengan  cara  (1) lembar observasi  guru dan siswa, (2) catatan lapangan,  dan (3) tes individu dan dilakukan analisis data secara deskriptif kualitatif.
Pembelajaran  kooperatif  model  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) persiapan, (2) presentasi guru, (3) kegiatan kelompok, (4) presentasi kelompok, (5) evaluasi, dan (6) penghargaan kelompok. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  kooperatif  model Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar  matematika  siswa. Rata-rata  nilai pada pratindakan,  tindakan  I dan tindakan  II  berturut-turut  yaitu  60,59,  75,84  dan  77,67.  Sedangkan  ketuntasan belajar siswa berturut-turut adalah 48,65%, 91,89%, dan 94,59% untuk pratindakan, tindakan  I,  dan  tindakan  II.  Dengan  demikian  berdasarkan  KKM  pada  mata pelajaran   matematika,   maka   dapat   dinyatakan   bahwa   siswa   telah   mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk   mengajarkan   matematika   khususnya   materi   garis   dan   sudut   dengan menerapkan  pembelajaran  kooperatif  model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang mendukung PAKEM.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar