Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 47 “PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF (INNOVATIVE LEARNING) METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP …….”



ABSTRAK
Pembaharuan dibidang kurikulum dalam pembelajaran, menuntut guru untuk dapat mengubah sistem pembelajaran dari yang berorientasi pada guru (teacher oriented) menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Hasil observasi yang telah dilakukan dikelas VII SMP PGRI 03 Malang menunjukkan bahwa saat mengajar dikelas guru masih tetap menggunakan cara lama, yaitu di dominasi dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sumber belajar siswa hanya terbatas dari guru karena siswa hanya terpaku pada materi yang diberikan guru, selain itu pada saat guru menjelaskan materi dan melakukan tanya jawab, keterlibatan siswa tergolong rendah, mayoritas siswa cenderung pasif dan pendiam sehingga suasana belajar cenderung membosankan, metode yang digunakan selama ini adalah ceramah dan penugasan.
Hasil observasi juga menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode Talking Stick terhadap pembelajaran aritmetika sosial siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang.
Karena dengan metode ini siswa dapat belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dan jenuh akan tetapi mereka dapat merasakan proses pembelajaran yang menyenangkan (Learning Is Fun).
Penelitian ini merupakan jenis  penelitian Tindakan Kelas (PTK) judul PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF (INNOVATIVE LEARNING) METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP PGRI 03 MALANG dengan  pendekatan kualitatif naturalistik. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan,  pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII   semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMP PGRI 03 Malang yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari tanggal 9 sampai tanggal 11, dan tanggal 2 Maret 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, lembar wawancara dan soal tes. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Analisis data digunakan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 66,2 dengan persentase sebesar  67,5% dengan kategori “baik”. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata 71,95 dengan persentase sebesar 80% dengan kategori “baik”.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diperoleh kesimpulan dari penggunaan model pmbelajaran inovatif (Innovative Learning)  metode Talking Stick yaitu: (1) Model pembelajaran Talking Stick diterapkan pada mata pelajaran matematika secara optimal, (2) Hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang khususnya mata pelajaran matematika meningkat.
Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu (1) Agar siswa dapat mandiri dan tidak lagi pasif dalam pembelajaran, (2) Guru hendaknya dapat menjadikan model pembelajaran ini sebagai alternatif pilihan dalam praktik mengajar, (3) Guru harus dapat memberikan motivasi yang lebih kepada siswa dalam proses pembelajaran.

Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar