ABSTRAK
Pembaharuan dibidang kurikulum dalam
pembelajaran, menuntut guru untuk dapat mengubah sistem pembelajaran dari yang
berorientasi pada guru (teacher oriented)
menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Hasil observasi yang telah dilakukan dikelas VII
SMP PGRI 03 Malang menunjukkan bahwa saat mengajar dikelas guru masih tetap menggunakan
cara lama, yaitu di dominasi dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan.
Sumber belajar siswa hanya terbatas dari guru karena siswa hanya terpaku pada
materi yang diberikan guru, selain itu pada saat guru menjelaskan materi dan
melakukan tanya jawab, keterlibatan siswa tergolong rendah, mayoritas siswa cenderung
pasif dan pendiam sehingga suasana belajar cenderung membosankan, metode yang
digunakan selama ini adalah ceramah dan penugasan.
Hasil observasi juga menunjukkan bahwa hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inovatif (Innovatif Learning) metode Talking Stick terhadap pembelajaran
aritmetika sosial siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang.
Karena dengan metode ini siswa dapat belajar sambil
bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dan jenuh akan tetapi mereka dapat
merasakan proses pembelajaran yang menyenangkan (Learning Is Fun).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) judul “PEMBELAJARAN ARITMETIKA
SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF (INNOVATIVE LEARNING) METODE
TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP PGRI 03
MALANG” dengan pendekatan
kualitatif naturalistik. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap
siklus terdiri dari perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII semester genap tahun ajaran
2009-2010 SMP PGRI 03 Malang yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan
pada bulan Februari tanggal 9 sampai tanggal 11, dan tanggal 2 Maret 2010. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, lembar
wawancara dan soal tes. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir
siklus.
Analisis
data digunakan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 66,2 dengan
persentase sebesar 67,5% dengan kategori
“baik”. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata
71,95 dengan persentase sebesar 80% dengan kategori “baik”.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
diperoleh kesimpulan dari penggunaan model pmbelajaran inovatif (Innovative Learning) metode Talking
Stick yaitu: (1) Model pembelajaran Talking
Stick diterapkan pada mata pelajaran matematika secara optimal, (2) Hasil
belajar siswa kelas VII SMP PGRI 03 Malang khususnya mata pelajaran matematika
meningkat.
Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu (1) Agar
siswa dapat mandiri dan tidak lagi pasif dalam pembelajaran, (2) Guru hendaknya
dapat menjadikan model pembelajaran ini sebagai alternatif pilihan dalam
praktik mengajar, (3) Guru harus dapat memberikan motivasi yang lebih kepada
siswa dalam proses pembelajaran.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755
atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan
pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian
skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar