Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 15 "PENERAPAN ALGORITMA SEMUT DALAM MASALAH PENCARIAN POHON RENTANGAN MINIMUM (MINIMUM SPANNING TREE/MST) PADA PEMASANGAN JARINGAN KABEL TELEPON DI KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG"

ABSTRAK



Matematika adalah salah satu dasar ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, yang salah satunya adalah teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi. Komunikasi merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan informasi dengan cepat, sebagai contohnya adalah telepon. Tetapi di masa sekarang ini masih ada kota yang belum bisa terjangkau dengan jaringan telepon, sehingga pendistribusiannya belum optimum. Masalah optimasi ini bisa diselesaikan dengan mencari pohon rentangan minimum sehingga menghemat penggunaan kabel. Salah satu algoritma untuk menyelesaikan masalah pohon rentangan minimum adalah algoritma semut. Algoritma semut adalah algoritma yang terinspirasi oleh perilaku semut dalam menemukan jalur terbaik dari koloninya menuju makanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan algoritma semut dalam masalah pencarian pohon rentangan minimum (Minimum Spanning Tree/MST) pada pemasangan jaringan kabel telepon di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian terapan (applied research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan algoritma semut. Langkah-langkah algoritma semut dalam mencari pohon rentangan minimum adalah Inisialisasi harga parameter, pengisian simpul pertama pada tabu list secara acak, penyusunan rute kunjungan semut dengan menggunakan persamaan , perhitungan panjang jarak jalur semut dengan persamaan
Lk = dtabu k(n), tabu k(1) + , perhitungan harga intensitas jejak kaki semut tij  = r.tij  + Δ tij , ulangi dari langkah dua (2) jika diperlukan.
Proses perhitungan dalam algoritma semut dilakukan dengan menggunakan program komputer Borland Delphi 7. Hasil dari proses tersebut adalah didapatkan dua belas pohon rentangan minimum yang bentuknya berbeda, namun jumlah bobot seluruh sisinya sama yaitu 22.000 meter. Dengan demikian pemasangan jaringan kabel telepon di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang bisa dipasang dengan menghubungkan semua kelurahan menggunakan panjang kabel sebesar 22.000 meter.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar