Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 19 "PENERAPAN ALGORITMA WELCH – POWELL PADA PEWARNAAN GRAF PETA KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG"

ABSTRAK



Matematika merupakan dasar ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ide-ide/konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. Peran matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat penting. Matematika dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Teori graf adalah salah satu cabang ilmu matematika, yang banyak digunakan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan teori graf banyak dijumpai diberbagai bidang, salah satunya adalah pada pewarnaan graf.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian terapan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mewarnai peta Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan menggunakan algoritma Welch-Powell. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini adalah (1) menggambar peta Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, (2) mengubah peta Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ke dalam graf, (3) melabeli simpul graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sesuai dengan urutan derajatnya, (4) membuat daftar simpul graf yang berdekatan, (5) memberikan warna pada setiap simpul graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, (6) memberikan warna pada setiap wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang berdasarkan warna setiap simpulnya.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan algoritma Welch-Powell. Langkah-langkah algoritma Welch-Powell dalam mewarnai graf adalah (1) melabeli simpul graf dengan derajatnya. Label simpul v1, v2, …, vn sedemikian hingga d(v1) d(v2) d(vn), (2) warnai simpul pertama dari simpul-simpul yang belum berwarna, yang berdekatan dengan simpul itu. Berikan warna yang belum digunakan, pada simpul pertama yang belum berwarna pada daftar simpul itu. Lakukan hal itu pada semua simpul dalam daftar secara terurut. Berikan warna baru ini pada setiap simpul yang tidak berdekatan dengan setiap simpul lain yang telah diwarnai ini, (3) jika terdapat simpul yang belum berwarna, maka kembalilah ke langkah kedua, dan (4) selesai, pewarnaan graf telah dilakukan.
Dari proses pewarnaan yang dilakukan dengan menggunakan algoritma Welch-Powell, didapatkan bahwa graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dapat diwarnai dengan menggunakan 4 (empat) warna yaitu: (1) untuk simpul graf pada graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang diwarnai dengan warna merah adalah simpul v1 (Kelurahan Dinoyo), simpul v8 (Kelurahan Tunjungsekar), simpul v10 (Kelurahan Lowokwaru), dan simpul v11 (Kelurahan Merjosari), (2) untuk simpul graf pada graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang diwarnai dengan warna biru adalah simpul v2 (Kelurahan Mojolangu), simpul v4 (Kelurahan Jatimulyo), simpul v6 (Kelurahan Tlogomas), dan simpul v12 (Kelurahan Tasikmadu), (3) untuk simpul graf pada graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang diwarnai dengan warna kuning adalah simpul v3 (Kelurahan Tulungrejo), simpul v7 (Kelurahan Tunggulwulung), dan simpul v9 (Kelurahan Sumbersari), dan (4) untuk simpul graf pada graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang diwarnai dengan warna hijau adalah simpul v5 (Kelurahan Ketawanggede). Jadi bilangan kromatik untuk graf Kecamatan Lowokwaru Kota Malang adalah 4 (empat).


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar