Kamis, 06 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 3 'Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Segiempat Siswa Kelas V11-B MTs ............. Tahun Pelajaran 2007/2008'

ABSTRAK



Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami keterpurukan, diantaranya rendahnya pemahaman matematika siswa. Salah satu penyebab rendahnya pemahaman matematika siswa adalah pelaksanaan pembelajaran konvensional di sekolah. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Upaya pengembangan dan perbaikan metode pembelajaran dirasa perlu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan mengembangkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran matematika adalah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dalam metode ini siswa dilatih untuk aktif dalam proses pembelajaran dalam bentuk diskusi pada kelompok asal dan kelompok ahli.
Tujuan penelitian kepada siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 dengan materi segiempat ini adalah untuk mengetahui peningkatkan  pemahaman materi segiempat siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 Singosari Malang tahun pelajaran 2007/2008 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tahapan siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan (Plan), tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 Singosari Malang tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yakni teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus nilai rata-rata. Sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 59.80 dan persentase ketuntasan siswa 47.73%, Sehingga pembelajaran pada siklus I tidak berhasil atau belum tuntas. Dari situ diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum paham terhadap materi segiempat. Sehingga diadakan tindakan siklus II. hasil dari tes akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 70.36 dan persentase ketuntasan siswa 75.00%, Sehingga pembelajaran pada siklus II dinyatakan berhasil atau tuntas. Dari situ diketahui bahwa siswa sudah paham terhadap materi segiempat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut terlihat peningkatan pemahaman siswa terhadap materi segiempat, yakni dari 47.73%   ketuntasan belajar pada siklus I meningkat menjadi 75.00%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-B MTs Almaarif 01 Singosari Malang pada materi segiempat.



Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........

*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar