Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 18 "Implementasi Graph Colouring dengan Four Colour Theorem dalam Peta Pulau Bali"

ABSTRAK



Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat yang khas kalau dibandingkan dengan ilmu yang lain. Hal ini sangat dimungkinkan karena matematika memiliki struktur dengan keterkaitan yang kuat dan jelas antara satu dengan yang lainnya serta pola pikir yang bersifat deduktif dan konsisten. Matematika dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis dan dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Matematika diskrit adalah salah satu cabang dari ilmu matematika yang masih berkembang sampai saat ini. Salah satu materi yang terkandung dalam matematika diskrit adalah teori graf. Dalam teori graf terdapat pewarnaan graf (graph colouring) yang salah satu diantaranya adalah pewarnaan simpul (titik). Aplikasi dari pewarnaan simpul (titik) ini misalnya pewarnaan wilayah dalam peta. Untuk mewarnai setiap wilayah pada peta hanya dibutuhkan 4 jenis warna jika graf yang merepresentasikan peta tersebut planar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi graph colouring dengan four colour theorem dalam peta Pulau Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi.
Prosedur dalam penelitian ini antara lain: (1) menggambar peta Pulau Bali yang akan dilakukan pewarnaan, (2) mengumpulkan data yaitu nama-nama kecamatan yang ada pada peta Pulau Bali, (3) membagi setiap wilayah pada peta Pulau Bali berdasarkan wilayah kecamatannya, (4) menentukan kecamatan-kecamatan yang bertetangga dengan setiap kecamatan yang ada pada peta Pulau Bali, (5) menggambar graf planar dengan merepresentasikan setiap wilayah kecamatan dengan sebuah simpul (titik) dan menghubungkan setiap wilayah kecamatan yang bertetangga dengan sisi (garis), (6) mewarnai setiap simpul (titik) pada graf planar dengan menggunakan teorema empat warna, sedemikian sehingga tidak ada dua atau lebih simpul yang bertetangga mempunyai warna yang sama, (7) mewarnai setiap wilayah kecamatan pada peta Pulau Bali sesuai dengan warna simpul yang mewakili.
Hasil yang diperoleh dari proses penelitian ini bahwa graf yang merepresentasikan peta Pulau Bali adalah graf planar. Simpul (titik) yang mewakili setiap kecamatan berjumlah 53 simpul, sedangkan sisi yang menghubungkan setiap simpul (titik) pada graf peta Pulau Bali tidak ada yang saling berpotongan dengan jumlah sisi 121 buah dan terdapat 1 simpul terasing yaitu v31. Dengan demikian, peta Pulau Bali dapat diwarnai dengan menggunakan teorema empat warna (four colour theorem).


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 


0 komentar:

Posting Komentar