Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 55 “Meningkatkan Penguasaan Materi Lingkaran I dengan Latihan Mandiri pada Siswa Kelas 2B SMP ……… Tahun Pelajaran 2004/2005.



ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia seorang guru dituntut mampu mengembangkan wawasan serta kreatif. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dalam menyampaikan materi  pelajaran.  Guru  harus jeli  terhadap kompetensi yang dimiliki anak didiknya, sehingga tidak terjadi salah arah dalam mengembangkan potensi anak didiknya. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai fasilitator tersebut guru memiliki berbagai strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, baik dilaksanakan secara individu maupun dilaksanakan secara kelompok.  Strategi  mengajar  tersebut  merupakan  suatu  cara  agar  siswa  dapat menguasai  materi  pelajaran  secara  maksimal.  Namun  kenyataan  yang  terjadi  di lapangan tidaklah semulus dengan apa yang telah direncanakan. Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran, terutama mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional. Dengan standar kelulusan
4,26 kebanyakan siswa tidak lulus karena nilai matematikanya kurang dari 4,26.
Dari    kenyataan    tersebut    penulis    melakukan    penelitian    tindakan   kelas    yang mengembangkan suatu strategi mengajar dengan nama Latihan Mandiri. Penelitian ini bertujuan  untuk  meningkatkan penguasaan  materi  Lingkaran  I  sub  pokok  bahasan Keliling Lingkaran.
Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action  research,  yaitu  (1)  persiapan  tindakan,  (2)  perencanaan,                                                  (3)  implementasi tindakan, (4) pengamatan dan evaluasi, (5) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Latihan mandiri merupakan suatu latihan soal dengan cara siswa membuat soal beserta penyelesaiannya setelah mendapat materi dari disertai dengan contoh dan cara menyelesaikannya.
Hasil latihan mandiri siklus 1 menunjukkan bahwa ketrampilan siswa dalam membuat soal beserta penyelesaiannya sebesar 84,62 %, dan hasil latihan pada siklus 2 ketrampilan siswa mencapai 92,86 %.  Sedangkan rata-rata hasil tes siklus 1 = 6,35 dan rata-rata hasil tes siklus 2 = 7,60.Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.
   Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa latihan mandiri dapat meningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasan Keliling Lingkaran bagi siswa kelas 2B SMP Islam Bawen Kabupaten Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Perbanyak latihan agar siswa lebih mudah dalam menguasai materi, perhatikan intensitas latihan mandiri agar siswa tidak mengalami kejenuhan, guru harus trampil dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar