Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 48 “Menerapkan Belajar Tuntas (Mastery Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Matematika Sebagai Hasil Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Kelas X MA …….”



ABSTRAK
Matematika telah dipelajari oleh siswa mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Walaupun demikian, dari beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada matematika rata-rata lebih tinggi dan lebih baik. Namun ada pula beberapa penelitian yang menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan. Dari beberapa pendapat dan fakta dilingkungan pendidikan juga menyatakan hal yang sama bahwa siswa mengalami kesulitan.
Memasuki tahun 2003/2004 lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri mulai memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kurikulum tersebut diharapkan dapat memberikan peningkatan mutu pendidikan disekolah. Mengingat mutu pendidikan Indonesia rendah dalam komparansi Internasional. Begitu juga dengan hasil prestasi terhadap matematika yang berada pada peringkat 34 dari 38 peserta. Oleh karena itu, untuk mendukung implementasi Kurikulum Berbasis kompetensi dikembangkanlah suatu metode pembelajaran yaitu belajar tuntas (mastery learning). Belajar tuntas diperuntukkan pada pembelajaran agar siswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan mencapai ketuntasan dalam belajarnya. Hal ini disebabkan karena masalah ketuntasan merupakan masalah yang penting sebab menyangkut masa depan siswa lebih-lebih bagi mereka yang mengalami kesulitan. 
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai (I) bentuk pembelajaran untuk memahamkan konsep tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan menerapkan belajar tuntas. (II) hasil belajar siswa yang telah dicapai menentukan dapat atau tidaknya siswa mencapai ketuntasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan partisipan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. tahap awal merupakan tahap untuk menggali pengetahuan prasyarat, tahap inti adalah penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk Lembar Kerja Siswa dan menggunakan alat peraga serta memberikan tes. Pada tahap akhir peneliti menyampaikan materi berikutnya kepada siswa sehingga siswa dapat mempersiapkan diri. 
Subjek pada penelitian ini terdiri dari empat siswa yang mempunyai kemampuan yang heterogen yaitu satu orang siswa berkemampuan tinggi, dua orang siswa berkemampuan sedang, dan satu orang siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek ini, selain berdasarkan hasil nilai tes awal, juga saran dari guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan.
Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dinyatakan bahwa siswa memperoleh pemahaman konsep tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna. Selanjutnya dari hasil tes pembelajaran menunjukkan seluruh siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dengan demikian berdasarkan Standar Nilai Patokan pada Matematika maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapakan kuadrat sempurna dengan menerapkan belajar tuntas. Untuk dapat menerapkan belajar tuntas pada pembelajaran selanjutnya, guru perlu memahamkan konsep terlebih dahulu kepada siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran tuntas bahwa ketuntasan tidak akan tercapai apabila tidak ada usaha untuk memperbaiki pembelajaran

Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar