Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 8 "Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga Siswa Kelas VIII C SMP .....Tahun Pelajaran 2007/2008"



Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Malang, berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 tergolong rendah jika dibandingkan dengan kelas yang lain. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa selama proses pembelajaran aktivitas siswa cenderung pasif dan siswa ramai pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan penyesuaian strategi pembelajaran, salah satunya adalah strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir yang menyandarkan pada dua sisi, yaitu aktivitas siswa sebagai proses berpikir dan hasil belajar yang diarahkan untuk penguasaan materi pelajaran baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas partisipan. Ciri dari penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan dalam siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari: (1) dokumentasi, (2) tes, (3) observasi, (4) wawancara, dan (5) catatan lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil tes akhir tindakan, sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan mencari persentase ketuntasan belajar siswa. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi: (1) data reduction, yaitu menyederhanakan data dengan cara memilih data yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan; (2) data display, yaitu menyusun data yang telah diperoleh dalam bentuk tabel, kemudian diuraikan secara deskriptif; (3) conclusion drawing, merupakan hasil penafsiran dan evaluasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan 4 cara yaitu: (1) Uji Credibility, dimana dalam penelitian ini menggunakan 3 cara yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat, (2) Uji Transferability, (3) Uji Dependability, dan (4) Uji Confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat meningkatkan aktivitas dan hasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008, khususnya pada materi lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. Berdasarkan hasil penelitian pula dapat diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran dengan dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada kelas VIII C SMP Negeri 13 Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 mengalami peningkatan sebesar 10,99% dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II, yakni dari 81,37% pada pelaksanaan siklus I menjadi 92,36% pada pelaksanaan siklus II; (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15,83% dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II, yakni dari 70, 84% pada pelaksanaan siklus I dan 86,67% pada pelaksanan siklus II; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36,12%, yakni 44,44% atau 16 siswa yang tuntas dalam belajar pada pelaksanaan siklus I dan 80,56% atau sebanyak 29 siswa yang tuntas dalam belajar pada pelaksanaan siklus II. 


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar