ABSTRAK
Dalam Kurikulum 2004 kita tidak
bisa lagi mempertahankan paradigma lama yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar di
kelas (teacher center), perlu adanya model pembelajaran
yang dapat meningkatkan
aktivitas siswa. Di MTs Islamiyah Sumpiuh kabupaten Banyumas proses pembelajaran matematika masih
didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa
termasuk dalam pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Untuk mengatasinya, hal
yang harus dilakukan dengan menggunakan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat
memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif salah satunya adalah model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT).
Permasalahan yang dikaji
dalam penelitian
ini adalah:
(1) apakah
melalui implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VII-A MTs
Islamiyah Sumpiuh– Banyumas Tahun Pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar, (2) apakah melalui implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh– Banyumas
Tahun Pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2
siklus,
yang masing-masing siklus terdiri
atas tahap
perencanaan,
tindakan, observasi, dan
refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini
meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan
guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap pembelajaran yang diambil
dari
angket pada setiap akhir pertemuan. Indikator keberhasilan pada penelitian ini
adalah: (1) apabila ≥ 75% dari jumlah siswa berkategori tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I,II, ≥ 65%, (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran ≥ 75% yang
diukur dengan melihat lembar observasi siswa.
Hasil
penelitian pada siklus 1
menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,11 dan
persentase ketuntasan belajar sebesar 68,4%, aktivitas siswa 45,5% pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua 56,8%, persentase kemampuan guru 67%
pada pertemuan
pertama dan pada pertemuan kedua 70,8%.
Hasil penelitian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,63 dan
persentase ketuntasan belajar sebesar 77,5%, aktivitas
siswa pada pertemuan pertama 70%, pada
pertemuan kedua 88,6%, persentase kemampuan guru pada pertemuan pertama 75% dan pada pertemuan kedua 93,8%.
Dari penelitian
ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh– Banyumas
Tahun Pelajaran
2006/2007
pada pokok bahasan
operasi
hitung bentuk aljabar.
Saran yang
dapat
diajukan adalah
model
pembelajaran NHT perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan
hasil belajar dan
aktivitas siswa.
Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di
085755969755 atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog
ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda
pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja
(dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan
kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi), dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
|
Lama Penyusunan
|
Biaya
|
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
|
1 bulan
|
750 rb
|
0 komentar:
Posting Komentar