Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 36 "Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas VII-A MTs ...... Tahun Pelajaran 2006/2007 "

ABSTRAK



Dalam Kurikulum 2004 kita tidak bisa lagi mempertahankan paradigma lama yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar di kelas (teacher center), perlu adanya model pembelajaran  yang dapat meningkatkan  aktivitas siswa. Di MTs Islamiyah Sumpiuh kabupaten Banyumas proses pembelajaran matematika masih   didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa termasuk dalam pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Untuk mengatasinya, hal yang harus dilakukan dengan menggunakan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif salah satunya adalah model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT).
Permasalahan  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini adalah:  (1) apakah  melalui implementasi   model   pembelajaran   Numbered   Heads   Together   (NHT)   dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh Banyumas Tahun Pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar, (2) apakah melalui implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Sumpiuh– Banyumas
Tahun Pelajaran 2006/2007  pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2  siklus,  yang  masing-masing  siklus  terdiri  atas  tahap  perencanaan,  tindakan, observasi,  dan  refleksi.  Data  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  meliputi:  hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, aktivitas siswa dalam pembelajaran  yang diambil dari lembar observasi, dan data tentang refleksi siswa terhadap  pembelajaran  yang  diambil  dari  angket  pada  setiap  akhir  pertemuan. Indikator keberhasilan  pada penelitian  ini adalah: (1) apabila   75% dari jumlah siswa berkategori  tuntas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai hasil evaluasi pada siklus I,II, 65%, (2) apabila aktivitas siswa dalam pembelajaran 75% yang diukur dengan melihat lembar observasi siswa.
Hasil  penelitian  pada  siklus  1  menunjukkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa sebesar 64,11 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,4%, aktivitas siswa 45,5% pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua 56,8%, persentase kemampuan guru  67%  pada  pertemuan  pertama  dan  pada  pertemuan  kedua  70,8%.  Hasil penelitian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,63 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 77,5%, aktivitas siswa pada pertemuan pertama 70%, pada pertemuan kedua 88,6%, persentase kemampuan guru pada pertemuan pertama 75% dan pada pertemuan kedua 93,8%.
Dari penelitian  ini diperoleh simpulan  bahwa dengan menggunakan  model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII-A MTs  Islamiyah  Sumpiuh Banyumas  Tahun  Pelajaran  2006/2007  pada  pokok bahasan  operasi  hitung  bentuk  aljabar.  Saran  yang  dapat  diajukan  adalah  model
pembelajaran NHT perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan  hasil belajar dan
aktivitas siswa.



Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar