Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 23 "Penggunaan Metode Kryloff dan Bogoliuboff untuk menyelesaikan Persamaan Diferensial Kuasi Linear"



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
            Dewasa ini perkembangan teknologi sangat pesat, hal ini terbukti dengan semakin canggihnya komputer yang membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai masalah. Perkembangan teknologi semakin meningkat karena tidak lepas dari perkembangan Ilmu Pengetahuan yang mendukung. Salah satu ilmu yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan tersebut adalah matematika. Matematika dikatakan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena sering ditemukan penerapannya pada berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari, dan cabang matematika yang mengalami perkembangan tersebut adalah persamaan diferensial.
            Persamaan diferensial menyatakan hubungan dinamik, maksudnya adalah hubungan tersebut memuat besaran-besaran yang berubah (Stroud, 1990:692). Karena itu persamaan diferensial muncul dalam model-model matematika yang mencoba menggambarkan keadaan kehidupan nyata, banyak hukum-hukum alam dan hipotesa-hipotesa dapat diterjemahkan ke dalam persamaan yang mengandung turunan melalui bahasa matematik. Sebagai contoh: turunan-turunan dalam fisika muncul sebagai kecepatan dan percepatan, dalam geometri sebagai kemiringan (tanjakan), dalam biologi sebagai laju pertumbuhan populasi, dalam psikologi sebagai laju belajar, dalam kimia sebagai laju reaksi, dalam ekonomi sebagai laju perubahan biaya hidup, dan dalam keuangan laju pertumbuhan investasi (Finizio dan Ladas, 1988:3).
            Persamaan diferensial adalah persamaan yang memuat hubungan antara x, suatu fungsi y dari x dan turunannya (Rukmigarsari, 2000:1). Persamaan Diferensial dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Persamaan Diferensial Linier Biasa dan Persamaan Diferensial Parsial. Persamaan Diferensial Biasa diartikan Persamaan Diferensial yang mengandung hanya satu peubah (variabel bebas). Peubah bebas yang digunakan biasanya dinotasikan x. Persamaan Diferensial Parsial ialah Persamaan Diferensial yang mengandung lebih dari satu peubah (Rukmigarsari, 2000:1).
            Persamaan Diferensial biasa dapat dikelompokkan ke dalam dua kelas besar, yaitu persamaan diferensial linear dan persamaan diferensial tak linear (Kreyszig, 1990:67). Salah satu bentuk persamaan diferensial tak linear adalah persamaan diferensial kuasi linear, misalkan pada persamaan Vander Pol, pendulum tak linear (tak harmonik). Persamaan diferensial ini muncul dalam masalah teknis dan sains. Persamaan diferensial kuasi linear adalah persamaan diferensial dimana suku yang memuat turunan tertinggi pada persamaan tersebut tidak terdapat perkalian antara variabel-variabel tak bebas dengan turunannya, misalkan pada persamaan Vander Pol, pendulum tak linear (tak harmonik) dan lain-lain. 
 Secara umum penyelesaian persamaan diferensial dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu secara analitik dan numerik. Penyelesaian dengan cara analitik diperoleh solusi berupa nilai eksak, sedangkan dengan cara numerik diperoleh solusi  berupa nilai hampiran atau pendekatan. Sejauh ini analisis penyelesaian persamaan diferensial tak linear biasanya dilakukan dengan cara mengubah persamaan diferensial tak linear menjadi persamaan diferensial linear. Namun penyelesaian dengan cara ini persamaannya cukup kompleks, sehingga sulit diselesaikan. Oleh karena itu diperlukan suatu cara atau metode lain yang lebih sederhana untuk menyelesaikan. Salah satu cara atau metode tersebut, yaitu Metode Kryloff dan Bogoliuboff.
Oleh karena itu penulis mengambil judul ”Penggunaan Metode Kryloff dan Bogoliuboff untuk menyelesaikan Persamaan Diferensial Kuasi Linear”.

Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar