Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 16 "Aplikasi Graph Colorings untuk Merencanakan Jadwal Pemberangkatan Bus di Terminal Arjosari Malang"



ABSTRAK
Teori graf merupakan pokok bahasan yang sudah tua usianya namun memiliki banyak terapan sampai saat ini. Aplikasi teori graf sangat luas dan dipakai dalam berbagai disiplin ilmu maupun dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi graf di berbagai bidang tersebut digunakan untuk memodelkan persoalan. Dalam kehidupan sehari-hari dapat diaplikasikan pada penjadwalan (scheduling) dan salah satunya  perencanaan jadwal pemberangkatan bus. Terdapat banyak masalah dalam perencanaan jadwal bus, salah satunya cara untuk meminimalkan agar tidak saling tumpang tindih satu sama lainnya dengan hasil yang maksimal, sehingga tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan terutama masyarakat sebagai pengguna transportasi tersebut. Perwarnaan graf (graph colorings) bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut dengan memodelkan jadwal ke dalam suatu graf. Pewarnaan graf yang dimaksud adalah pewarnaan simpul (vertex colorings). Pewarnaan simpul (vertex colorings) yaitu memberi warna pada setiap simpul graf, sehingga tidak ada dua simpul yang bertetangga (terhubung langsung minimal satu sisi) memiliki warna sama dengan menggunakan warna seminimum mungkin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengaplikasikan graph colorings untuk merencanakan jadwal pemberangkatan bus di terminal Arjosari Malang.
Data dalam penelitian ini adalah nama-nama tujuan atau jurusan bus dan perusahaan bus jenis Bumel (kelas ekonomi) di terminal Arjosari Malang, yang terdiri dari 24 tujuan atau jurusan bus dan 32 perusahaan bus. Data tersebut diperoleh dari dokumentasi Dinas Perhubungan Kota Malang berupa daftar jadwal keberangkatan bus.
 Data yang diperoleh dimodelkan ke dalam suatu graf, dan dianalisis dengan menggunakan teknik pewarnaan simpul (vertex colorings). Teknik pewarnaan simpul dilakukan dengan empat langkah yaitu; 1) mencari simpul-simpul yang bertetangga, 2) mewarnai simpul-simpul graf, 3) mencari warna minimum (bilangan kromatik),   4) mencari simpul-simpul graf  yang mempunyai warna sama.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa graph colorings bisa diaplikasikan pada jadwal pemberangakatan bus di terminal Arjosari Malang dengan rencana minimal 11 kali pemberangkatan yaitu; 1) Jurusan Surabaya, Lumajang, Purwokerto, Pemalang, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan;
2) Jurusan Blitar, Bojonegoro, Purwokerto, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 3) Jurusan Jember, Tuban, Purwokerto, dan Pemalang  dapat diberangkatkan secara bersamaan; 4) Jurusan Madiun, Tuban, Sitobondo, Lumajang, Osowilangon, Cepu, Purwokerto, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 5) Jurusan Tuban, Bondowoso, Magetan, Osowilangon, Purwokerto, Pemalang, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 6) Jurusan Tuban, Banyuwangi, Temanggung, Osowilangon, Cepu, Purwokerto, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 7) Jurusan Tuban, Trenggalek, Lumajang, Osowilangon, Pemalang, Solo, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 8) Jurusan Tuban, Tulunggagung, Lumajang, Osowilangon, Cepu, Yogjakarta, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 8) Jurusan Tuban, Lumajang, Osowilangon, Ponorogo, dan Purwokerto dapat  diberangkatkan secara bersamaan; 10) Jurusan Madiun, Tuban, Lumajang, Osowilangon, Madura, Cepu, Purwokerto, dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan; 11)Jurusan Madiun, Tuban, Lumajang, Osowilangon, Ambulu, Purwokerto, Pemalang dan Denpasar dapat diberangkatkan secara bersamaan. 11 perencanaan jadwal pemberangkatan bus tersebu,t dapat diberangkatkan secara bersamaan pada hari yang sama, tetapi pada waktu yang berbeda.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar