Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 50 “Pengaruh Penerapan Metode Resource- based learning terhadapPrestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs. NU ....... Tahun Pelajaran 2009/2010”



ABSTRAK
Keberhasilan siswa dalam belajarnya ditunjukkan oleh adanya atau prestasi belajar yang baik. Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, diantaranya metode mengajar yang digunakan guru dan sumber belajarnya. Salah satu metode mengajar yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah metode rosource-based learning yaitu segalah bentuk belajar yang langsung menghadap murid dengan suatu atau berbagai sumber belajar yang berbasis buku, visual, dan pemanfaatan perpustakaan secara individual atau kelompok serta dengan segala kegiatan belajar yang bertalian dengan itu.
Tujuan dari penelitian ini, (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Resourc-based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Mts.NU Gondanglegi Malang tahun pelajaran 2009/2010.
Bahan yang disampaikan pada penelitian ini adalah pokok bahasan Lingkaran. Bahan pengajaran ini diajarkan pada dua kelompok sampel selama 12 jam pelajaran. Setiap pertemuan dua jam pelajaran, jadi materi yang disampaikan selama 6 x 2 jam pelajaran atau kurang lebih dua pekan.
Populasi diambil dari siswa-siswa di MTs.Nu Gondanglegi, khususnya kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau cara pengundian.
Dari hasil penelitian sebelum eksperimen, data yang diuji homogenitas sampel dengan menggunakan uji bartlett, diperoleh x2 hitung =4,37496 dan x2 tabel = 3,84. Uji normalitas kelas VIII A diperoleh x2 hitung = 164,01dan x2 tabel = 11,1 dan kelas VIII B diperoleh x2 hitung = 417,16 dan x2 tabel = 11,1. Karena syarat normalitas kedua uji tersebut sama yaitu x2 hitung < x2 tabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua kelas ynag dijadikan sampel adalah homogen dan berdistribusi normal. Jadi kedua sampel tersebut mempunyai kemampuan awal yang seimbang.
Selanjutnya data yang diperoleh setelah eksperimen dianalisa dan diadakan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan a = 5%. Dari hasil analisa data dan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh, bahwa: (1) t hitung = 2,06  > t tabel = 2,00 . Ini berarti ada pengaruh penerapan metode Resource-based learning  terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs.NU Gondanglegi Malang Tahun pelajaran 2009/2010. (2) Rata-rata nilai siswa yang tidak diberikan perlakuan khusus adalah 61,0 dan siswa yang diberikan perlakuan khusus dengan metode Resource-based learning adalah 67,0. Ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi perlakuan khusus dengan memberikan pemahaman konsep lebih baik dari pada siswa yang tidak diberikan perlakuan khusus.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar