Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 4 "Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas X A MAN ...... Tahun Pelajaran 2007/2008"

ABSTRAK



Metode pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran seharusnya menggunakan metode yang dapat menciptakan suasana kondusif bagi belajar siswa. Suasana yang demikian diharapkan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam berpikir kritis. Guru mempunyai tanggung jawab untuk mencari metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu metode pembelajaran baru yang dapat diterapkan oleh guru dan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika adalah metode pembelajaran snowball throwing. Snowball throwing adalah metode pembelajaran dengan cara membentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapatkan tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat soal (kertas pertanyaan) yang dibentuk seperti bola lalu dilempar ke siswa yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran snowball throwing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X A MAN Malang 1 tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas partisipan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X A MAN Malang I tahun pelajaran 2007/2008, yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki serta 21 siswa perempuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, hasil observasi aktivitas siswa, hasil observasi kemampuan berpikir kritis, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir tindakan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Analisis data dilakukan setiap kali pemberian tindakan berakhir. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu: (1) Data Reduction (reduksi data), (2) Data Display (penyajian data), (3) Conclusing Drawing / Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Pada tahap reduksi data dilakukan penyederhanaan dengan cara memilih data-data yang sesuai dengan penelitian. Setelah data direduksi, langkah selanjutnya adalah penyajian dengan menyusun data yang telah diperoleh dalam bentuk tabel, kemudian diuraikan secara deskriptif dalam bentuk naratif. Langkah terakhir yaitu penarikan kesimpulan yang berupa deskriptif dari hasil penafsiran dan evaluasi yang telah diperoleh.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, secara khusus diperoleh temuan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada kelas X A MAN Malang 1 tahun pelajaran 2007/2008 dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yaitu pada materi luas segitiga peningkatan yang terjadi sebesar 12,31%, yakni dari 72,06% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 84,37% pada pelaksanaan siklus II dan materi identitas trigonometri terjadi peningkatan sebesar 9,65%, yakni dari 79,41% pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 89,06% pada pelaksanaan siklus II; (2) indikator berpikir kritis siswa dari pelaksanaan siklus I ke pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yaitu pada materi luas segitiga sebesar 15,69%, yakni dari 70,66% pada siklus I meningkat menjadi 86,35% pada siklus II dan materi identitas trigonometri sebesar 17,1%, yakni dari 70,34% pada siklus I meningkat menjadi 87,44% pada siklus II. Komponen-komponen yang dinilai dari berpikir kritis ini meliputi: pengamatan, diskusi, keterampilan bertanya, keterampilan menjawab pertanyaan, keterampilan berpikir siswa, membuat kesimpulan, dan menerapkan konsep.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran snowball throwing merupakan salah satu bentuk inovasi dalam memperbaiki kualitas proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Jadi dalam penelitian ini, penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X A MAN Malang 1 tahun pelajaran 2007/2008.



Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........

*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar