Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 10 "Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Teknik Portofolio dalam Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas VIII MTs ........ Tahun Pelajaran 2007/2008"

ABSTRAK

Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika MTs Yaspuri Malang, diperoleh informasi bahwa pelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008 tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil ulangan siswa. Keadaan ini diperparah lagi dengan penggunaan metode pembelajaran yang dipakai guru pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Metode yang dipakai guru dalam mengajar yakni metode pembelajaran dengan metode ceramah. Dengan didominasinya pembelajaran menggunakan metode ceramah kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi pasif. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya siswa mengajukan pertanyaan. Adanya serangkaian permasalahan di atas menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan yang diharapkan yakni siswa mampu memahami materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas adalah dengan menerapkan metode mind mapping dengan teknik portofolio dalam pembelajaran. Penerapan metode mind mapping dengan teknik portofolio berlangsung secara menarik bagi siswa, karena siswa diminta untuk membuat mind mapping dengan cara menentukan titik sentral, membuat cabang-cabang, serta memberikan warna pada setiap cabang. Sedangkan pada portofolio siswa diminta untuk mengumpulkan semua hasil pekerjaannya kedalam satu map. Dengan diterapkan metode mind mapping  dengan teknik portofolio diharapkan bisa meningkatkan pemahaman bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping dengan teknik portofolio, dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tes, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa; (2) portofolio, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa; (3) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung; (4) wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dari data yang diperoleh. Adapun sumber datanya adalah hasil pekerjaan siswa, dokumen portofolio, hasil observasi dan rekaman wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, rubrik penilaian portofolio, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, kesimpulan dan verifikasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif yakni dicari nilai rata-rata dan persentasenya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dengan teknik portofolio dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2007/2008, yaitu siswa bisa memahami materi yang diberikan guru, khususnya pada materi kubus dan balok . Hal ini dapat dilihat dari hasil penggabungan portofolio siswa dengan hasil tes akhir. Pada siklus I rata-rata skor siswa adalah 62,43 sedangkan pada  siklus II rata-rata skor siswa adalah 74,31. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan guru dan siswa pada siklus I mencapai 95% sedangkan pada siklus II mencapai 100% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Hasil wawancara pada siklus I menunjukkan bahwa siswa kurang senang dengan metode yang diterapkan, karena belum terbiasa dengan metode tersebut, sedangkan pada siklus II siswa merasa senang dengan metode yang diterapkan oleh peneliti karena sudah terbiasa dengan metode tersebut.
  

Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.

0 komentar:

Posting Komentar