Rabu, 12 Maret 2014

Contoh skripsi pendidikan matematika 57 “Meningkatkan kemampuan siswa materi aritmatika sosial dengan menggunakan simulasi transaksi jual beli bagi siswa kelas II SDN ….tahun pelajaran 2004 – 2005”



ABSTRAK
   Dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pelajaran matematika seorang guru dituntut untuk mengembangkan kecakapan secara profesional dalam mengelola kelas. Salah satu kecakapan profesional yang perlu dikembangkan adalah kecakapan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Tuntutan bagi guru dalam menggunakan alat peraga sangat diperlukan pada proses belajar mengajar, khususnya pelajaran matematika. Penelitian ini mengupayakan peningkatan kemampuan, keaktifan, ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan transaksi jual beli pada siswa kelas II SDN Sambiroto 04 Kecamatan Tembalang Semarang.  Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menyajikan pokok bahasan uang melalui simulasi transaksi jual beli, memberikan tes hasil belajar dan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan melibatkan observer yaitu teman sejawat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati keaktifan siswa, ketrampilan siswa dalam menghitung, hasil belajar siswa dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 laki – laki dan 15 perempuan.  Metode pembelajaran simulasi transaksi jual beli merupakan salah satu metode pembelajaran, dimana dalam metode ini siswa memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya.
 Hasil penelitian ini dikatakan berhasil apabila keaktifan siswa mencapai = 75% dalam menghitung 75%, nilai rata – rata hasil belajar siswa = 7,0 dan hasil kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar = 7,0. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pemanfaatan simulasi jual beli mampu meningkatkan hasil belajar dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial, meningkatkan keaktifan,  ketrampilan siswa dalam menghitung dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut diidentifikasikan dari pencapaian target yakni keaktifan siswa 83,4%, ketrampilan dalam menghitung 73, 4% dan nilai rata - rata hasil belajar aritmatika sosial 8,8 dan nilai rata – rata kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar 7,75.  Persetujuan yang dapat diyakini sebagai saran : a.) Penggunaaan simulasi transaksi jual beli dalam pembelajaran matematika perlu ditindak lanjuti sebagai strategi pembelajaran alternatife bagi guru sekolah dasar, b.) Untuk topik atau materi tertentu guru dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran metematika agar siswa lebih memahami materi pelajaran, c.) Guru harus kreatif dalam pembuatan alat peraga yang akan disajikan, upayakan bahan yang dipakai sederhana dan relatife murah harganya.   

Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

0 komentar:

Posting Komentar