Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 38 "Penerapan CAL (Computer Assisted Learning) Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs ......"

ABSTRAK



Sudah menjadi pendapat umum, bahwa matematika kurang diminati oleh siswa diseluruh jenjang pendidikan. Mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, membingungkan dan sederet kata lainnya yang menunjukkan ekspresi rasa ketidaksenangan pada pelajaran matematika. Kekurangan minat belajar siswa terhadap matematika seperti inilah yang sekarang banyak terjadi di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta di Indonesia. Begitupun juga yang terjadi di MTs. (Madrasah Tsanawiyah) Al-Aziz yang berada di kecamatan Dampit kabupaten Malang. Data madrasah menunjukkan, pada tahun pelajaran 2006-2007 lebih dari 80% siswa kelas VIII MTs Al-Aziz tidak berminat mengikuti palajaran matematika.
Bila saja pembelajaran matematika dapat dibuat menjadi menarik dan menyenangkan, mungkin masalahnya akan lain. Pemikiran seperti inilah yang mendasari peneliti untuk menerapkan CAL (Computer Assisted Learning) berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika dalam format CD Interaktif, agar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs Al-Aziz untuk mempelajari matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai (1) bentuk pembelajaran melalui penerapan CAL (Computer Assisted Learning) berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs Al-Aziz terhadap matematika, (2) respon siswa kelas VIII MTs Al-Aziz terhadap penerapan CAL (Computer Assisted Learning) berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika. Sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan partisipan.
Sumber data penelitian ini adalah kelas VIIIB yang dipilih dari dua kelas yang terdapat pada kelas VIII di MTs Al-Aziz. Kelas ini dipilih karena lebih heterogen dari segi kemampuan dan yang paling menunjukkan sikap ketidakminatan terhadap matematika. Pemilihan ini berdasarkan musyawarah dengan guru matematika dan wali kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan CAL (Computer Assisted Learning) dalam pembelajaran matematika terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran yang mencapai Prosentase skor (Pn) 95%. Hasil wawancara dan angket juga menunjukkan respon yang sangat posistif dari siswa terhadap penerapan CAL tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan, dalam pembelajaran matematika sebaiknya menggunakan metode yang menarik dan menyenangkan agar dapat meningkatkan minat siswa untuk mempelajari matematika. Salah satunya contohnya adalah dengan pengintegrasian komputer dalam pembelajaran melalui bentuk CAL (Computer Assisted Learning), yang sangat relevan sebagai salah satu inovasi pembelajaran berbasiskan ICT (Information and Comunication Technology) yang berkembang pesat dewasa ini.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar