Senin, 10 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 25 "Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII C SMP Islam Batu Tahun Pelajaran 2007-2008"

ABSTRAK



Pembelajaran matematika memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini. Pembelajaran matematika diarahkan ke suatu tujuan agar siswa dapat memfungsikan matematika sebagai cara komunikasi, cara pikir, dan alat memecahkan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut, bukan hanya bahan materi yang harus dikuasai oleh seorang guru akan tetapi juga keterampilan emosional dan sosial dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika di kelas masih banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional dimana pembelajaran ini lebih didominasi dengan metode ceramah. Pembelajaran ini dilakukan hanya pada penjelasan materi atau pemberian rumus, pemberian contoh soal, dan pemberian latihan soal yang semua itu dilakukan oleh guru tanpa berusaha mengajak siswa untuk berpikir dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini menyebabkan tidak seimbangnya kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan (action research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitan terdiri dari semua siswa kelas VIII C SMP Islam 01 Batu Tahun Pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 41 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran problem based learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII C SMP Islam Batu tahun pelajaran 2007/2008, khususnya pada materi volume bangun ruang sisi lengkung meliputi lima tahapan antara lain: (1) Orientasi siswa terhadap masalah. Pada tahap ini peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan masalah yang harus dipecahkan oleh siswa. Peneliti memberikan masalah dalam bentuk alat peraga dan lembar kerja siswa. (2) Mengorganisasi siswa untuk belajar. Peneliti mengorganisasi pembelajaran dengan aktivitas kelompok belajar yang heterogen. Siswa dapat berdiskusi, berpikir dan menyampaikan ide kreatif mereka secara terbuka. (3) Membimbing penyelidikan individual dan kelompok. Masalah yang disajikan di awal pembelajaran akan mendorong keterampilan berpikir siswa dalam melakukan percobaan dan penyelidikan untuk mendapatkan pemahaman dan penyelesaian masalahnya. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Pada tahap ini peneliti memberikan pengembangan setelah siswa mendapatkan pemahaman dan penyelesaian masalah yang diberikan. Dalam penelitian ini, pengembangan dilakukan dengan memberikan alat peraga dan masalah baru yang harus diselesaikan oleh siswa. Peneliti kemudian meminta siswa untuk menyajikan hasil pemecahan masalah di depan kelas. (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pada tahap akhir ini peneliti bersama siswa menganalisa dan mengevaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan untuk mendapatkan kesimpulan.
Kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 7,5 % dari siklus I ke siklus II yakni dari 67,5 % pada siklus I menjadi 75 % pada siklus II. Keberhasilan strategi pembelajaran problem based learning dengan tahapan-tahapan di atas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa juga ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan siswa sebesar 19 % dari siklus I ke siklus II yakni dari 67 % pada siklus I menjadi 86 % pada siklus II.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini
silahkan hubungi kami di 
085755969755  atau
085755806767
Biaya pesan Rp. 50.000/contoh skripsi, dengan pengiriman lewat email.
Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog ini. Sekian..........
*peringatan : contoh skripsi yang anda pesan hanya digunakan sebagai referensi dalam menyusun skripsi anda saja (dilarang plagiat, copy-paste dan hal serupa lainnya)
Jika anda merasa bingung dalam penyusunan/pembuatan skripsi, anda bisa meminta bantuan pendampingan kami dalam menyusun skripsi (pendampingan sampai anda ujian skripsi),  dengan ketentuan berikut:
Pendidikan
Lama Penyusunan
Biaya
Fisika
Kimia
Matematika
Biologi
PKN
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ekonomi
Olahraga
Geografi
PGSD
PGMI
PAI
BK
Pend. IPS
Pend. IPA
Pend. TIK
Menejemen, Ekonomi
Sastra Indonesia, Akuntansi
Hukum ,
1 bulan
750 rb

 

0 komentar:

Posting Komentar