Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 9 "Pengaruh Intelektual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN .......... Tahun Pelajaran 2007/2008"



ABSTRAK

Di Indonesia pada generasi sekarang terjadi Split personality, kondisi dimana tidak terintegrasinya antara otak dan hati. Banyak hal lain yang terjadi diakibatkan SDM yang rendah, yaitu asset-asset negara dijual ke pihak asing, ekosistem dirusak oleh penduduk sendiri. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi yang baik dibutuhkan IQ yang tinggi. Di samping itu EQ dibutuhkan juga untuk mendidik siswa agar mampu berpikir kreatif, imajinatif dan mempunyai emosi yang stabil. Selain IQ dan EQ ada faktor lain yang dibutuhkan seorang siswa agar menjadi manusia seutuhnya, yaitu SQ. SQ adalah landasan yang dibutuhkan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Jika kecerdasan tersebut dapat berjalan seimbang, maka dapat menjadi tujuan pendidikan, yaitu membentuk manusia yang menguasai IPTEK dengan didasari IMTAQ.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Intelektual Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008, (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Intelektual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2007/2008.
            Rancangan dalam penelitian ini adalah ex post facto, karena variabel-variabel independennya sudah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel dependen dalam suatu penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari empat kelas, yaitu kelas XA, XB, XC, dan XD. Jumlah dari seluruh populasi adalah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel satu kelas, yaitu kelas XB sebanyak 36 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar dan Intelektual Quotient (IQ). Teknik angket digunakan untuk memperoleh data tentang Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ).
            Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan tersebut dilakukan dengan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y’ = -91.214 + 0.547 X1 + 0.467 X2 + 0.760 X3. Persamaan tersebut memenuhi uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi dan generalisasi. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui kombinasi Intelektual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 42,6%. Sedangkan analisis signifikansi masing-masing dari ketiga variabel independen ini menunjukkan bahwa Spiritual Quotient (SQ) lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini karena pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap prestasi belajar diperoleh sebesar 15,2%, sedangkan pengaruh Intelektual Quotient (IQ) sebesar 14,1% dan pengaruh Emotional Quotient (EQ) sebesar 11,8%.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 


0 komentar:

Posting Komentar