Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 11 "Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII B SMP Islam ..... Tahun Pelajaran 2007/2008"

ABSTRAK



Penggunaan alat bantu belajar dan pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran di kelas VIII B SMP Islam 2 Pujon masih tergolong pada pembelajaran tradisional (konvensional) yaitu hanya menggunakan alat bantu belajar seadanya dan dalam pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher oriented). Dalam penyampaian materi pelajaran dan pembahasan soal-soal matematika yang bersifat abstrak, guru hanya menjelaskan secara singkat dan membahas soal secara sepintas tanpa alat bantu belajar dan tanpa adanya pembahasan secara jelas dan tuntas. Selain itu dalam kelas VIII B ada indikasi kelompok-kelompok kecil antara siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hal ini tentu saja menjadi suatu permasalahan, dikarenakan proses pembelajaran dan lingkungan belajar seperti ini membuat kemampuan siswa akan tetap, bahkan menurun. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) menggunakan alat peraga. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang silih asah, silih asih, dan silih asuh antar sesama siswa sebagai latihan hidup di dalam masyarakat nyata. Selanjutnya di dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki lima komponen utama, yaitu: (1) presentasi kelas; (2) tim; (3) kuis; (4) skor kemajuan individual; dan (5) rekognisi tim. Melalui presentasi kelas inilah media alat peraga dapat didemontrasikan dalam pembelajaran, sehingga keabstrakan matematika akan dikonkritkan, dan pemahaman matematika serta latihan hidup di dalam masyarakat nyata dapat terwujud dalam suatu pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman materi bangun ruang siswa kelas VIII B SMP Islam 2 Pujon tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dan lokasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Islam 2 Pujon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu (1) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas siswa,guru dan diskusi kelompok selama kegiatan pembelajaran berlangsung, (2) wawancara, digunakan untuk mengetahui sejumlah informasi yang berkaitan dengan sekolah dan proses pembelajaran, (3) tes, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan ketuntasan belajar siswa, (4) catatan lapangan, digunakan untuk melengkapi data yang tidak tercantum dalam lembar observasi dan wawancara, sehingga tidak ada data penting yang terlewatkan dan (5) dokumentasi, digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari nilai rata-rata dan persentasenya. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari beberapa tahapan, antara lain (1) reduksi data, yaitu memilih, mengklasifikasikan, memfokuskan pada hal-hal yang dianggap penting, dicari tema dan polanya serta membuang data yang tidak perlu, (2) penyajian data, yaitu mendeskripsikan data dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowcart dan sejenisnya, dan (3) penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan, yaitu (1) ketekunan/keajegan pengamatan, yaitu ketekunan dalam melakukan pengamatan sejak awal sampai penelitian berakhir, (2) triangulasi, yaitu memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu, dan (3) pemeriksaan sejawat, yaitu pemeriksaan yang dilakukan dengan mengumpulkan rekan-rekan sebaya.
Hasil analisis data penelitian pada siklus I, antara lain (1) aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 63,09% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 72,61%, (2) aktivitas guru pada pertemuan pertama mencapai 73,33% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 89,99% (3) pemahaman siswa mencapai 54,12%, dan (4) ketuntasan belajar siswa mencapai 21,95%. Hasil analisis data pada siklus I ini, menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan tindakan siklus I masih belum mencapai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) dan kriteria yang ditetapkan dan masih terdapat banyak kekurangan, dengan kata lain masih perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Adapun hasil analisis data pada siklus II, antara lain (1) aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 84,525% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 88,09%, (2) aktivitas guru pada pertemuan pertama mencapai 96,5% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 94.445%, (3) pemahaman siswa mencapai 75,94% (4) ketuntasan belajar siswa mencapai 80,487%. Hasil analisis data pada siklus II ini sudah mencapai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) dan kriteria yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data kedua siklus tersebut, terlihat bahwa hasil pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman materi bangun ruang siswa kelas VIII B SMP Islam 2 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008.


Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar