Kamis, 06 Maret 2014

contoh skripsi pendidikan matematika 1 "Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing dengan Penilaian Portofolio dalam Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Segitiga Siswa Kelas VII A SMP Islam Tahun Pelajaran 2007/2008. "

ABSTRAK


Pendidikan pada dasarnya adalah upaya mewujudkan sebuah masyarakat yang ditandai adanya keluhuran budi dalam individu, keadilan dalam negara, dan sebuah kehidupan yang lebih bahagia dari setiap individunya. Untuk mencapai itu semua, guru mempunyai peran yang sangat penting terhadap keberhasilan anak didiknya. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru matematika SMP Islam 02 Pujon, diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VII A masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan siswa pada semester pertama yang rata-ratanya masih di bawah SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah, yaitu 37,25. Keadaan ini diperparah lagi dengan penggunaan metode konvensional yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran dan bentuk penilaian yang tepat, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran snowball throwing dengan penilaian portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Karena pembelajaran ini kegiatannya banyak berpusat pada siswa, sehingga menuntut siswa untuk aktif, mandiri, dan mampu memecahkan masalah yang dihadapi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran snowball throwing dengan penilaian portofolio dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman materi segitiga siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, (2) catatan lapangan, digunakan untuk melengkapai data yang tidak tercantum dalam lembar observasi, (3) wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang proses pembelajaran, (4) tes, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan ketuntasan belajar, (5) portofolio, digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan ketuntasan belajar, dan (6) dokumentasi, digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari nilai rata-rata dan presentasenya. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan, maka diperlukan suatu pengecekan keabsahan data. Jenis pengecekan keabsahan data ada empat, yaitu; (1) derajat kepercayaan, (2)  keteralihan, (3) kebergantungan, dan (4) kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon tahun pelajaran 2007/2008, yaitu siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, khususnya pada materi bangun datar segitiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil penggabungan portofolio siswa dengan nilai tes akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata siswa 59,41 dengan presentase 44,19%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,28 dengan presentase 86,05%. Hasil analisis data pada siklus II ini sudah mencapai SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) yang ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil analisis data dari kedua siklus tersebut, hasil tindakan pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran snowball throwing dengan penilaian portofolio dapat meningkatkan pemahaman materi bangun datar segitiga siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008.



Anda berminat dengan contoh skripsi ini silahkan hubungi kami di 085755969755 dengan biaya Rp. 50.000,- dengan pengiriman lewat email. Biaya ini dipergunakan kelangsungan blog kioslomba.blogspot.com. Sekian..........
*Himbauan jangan meng-copy paste, plagiat atau bentuk serupa lainnya contoh skripsi ini, karena contoh skripsi ini hanya digunakan sebagai referensi saja.
 

0 komentar:

Posting Komentar